Rabu, 28 November 2018

Cara membuat server lokal pada jaringan WAN


Pada kesempatan hari ini, penulis akan menjelaskan membangun jaringan WAN, lalu membuat lokal server dan mensetingnya. Yang dibutuhkan untuk membuatnya:
  • HP yang bisa mempunyai hotspot
  • Laptop/komputer
  • XAMPP

Penulis tidak menggunakan router, dengan alternatif hotspot hp sebagai penggantinya unruk menghubungkan banyak perangkat dalam satu jaringan yang sama. Sedanglkan laptop digunakan untuk membuat local server yang nantinya bisa diakases oleh seluruh perangkat. XAMPP merupakan suatu perangkat lunak yang digunakan untuk membuat server local.
Jaringan ini bisa digunakan untuk share hosting local, juga bisa dikembangkan lagi. Memanfaatkan local server untuk memberikan informasi dan juga bisa membuat ujian tanpa menggunakan kertas itu hanya beberapa contoh pnggunaan jatingan ini.
Pertama mari kita buat local server pada komputer kita. Installah XAMPP, jalankan dan kemudian akses local server pada browser dengan alamat http://localhost/
Maka akan muncul tampilan seperti ini.

Saya menggunakan linux untuk membuat tutorial ini, maka saya mendownload file xampp-linux-5.x.xx-0-installer.run sedangkan untuk pengguna windows silahkan download file yang berekstensikan .exe pada website apache. Langkah-langkah setelah mendownloadnya yakni menginstalnya pada komputer kita. Penginstallan cukup mudah hanya dengan membuka terminal dan ketik perintah sudo ./xampp-linux-5.5.37-0-installer.run kemudian enter tunggu dan tempatkan xampp di direktori /opt/.
Selanjutnya mari kita share local server pada perangkat lain menggunakan jaringan hotspot pada hp. Hidupkan hotspot hp anda lalu hubungkanlah komputer ke jaringan hotspot hp anda dengan wifinya. Bila sudah matikan firewallnya, agar semua perangkat yang terhubung pada jaringan hotspot bisa mengaksesnya dengan mengetik ip address(192.168.43.252) komputer kita yang sudah kita pasang xampp sebelumya.
Pada saat ini komputer saya memiliki ip 192.168.43.252 dan hp saya 192.168.43.1. BIla berhasil maka akan tampil halaman awal xampp pada hp kita ini berlaku pada setiap perangkat yang terhubung pada jaringan hotspot ini.

Selnjutnya Pada konfigurasi phpmyadmin kita harus menyetingnya agar bisa diakses pada perangkat tertentu dengan mengkonfigurasi file httpd.conf. Saya mengasumsikan bahwa yang bisa mengakses halaman phpmyadmin hanya komputer server dan hp yang saya jadikan hotspot, sedangkan yang lain tidak bisa. Bagimana cara melakukannya? Dengan menggunkan ip nya. Ini merupakan file httpd_xampp.conf
mengganti bagian ini
<Directory “/opt/lampp/phpmyadmin”>
 AllowOverride AuthConfig Limit
 Require local
 ErrorDocument 403 /error/XAMPP_FORBIDDEN.html.var
</Directory>
menjadi :
<Directory “/opt/lampp/phpmyadmin”>
Options Indexes FollowSymLinks ExecCGI Includes
AllowOverride All
Require all granted
</Directory>
Untuk membuat akses hanya dua ip yakni dengan menggantinya menjadi:
<Directory “/opt/lampp/phpmyadmin”>
Options Indexes FollowSymLinks ExecCGI Includes
AllowOverride All
Require ip 192.168.43.1 192.168.43.252
</Directory>
Catatan tambahan : Langkah untuk mengamankan local server lainya yakni dengan membuat password untuk pengguna halaman phpMyadmin.
Cukup sekian dan terimaksih. Selamat mencoba semoga bisa bermanfaat.
.: GOOD LUCK :.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar