Selasa, 18 Agustus 2020

Membuat Program-program Komputer Dengan Bahasa Python, C dan C++ di Handphone

Kali ini dalam artikel Membuat Program-program Komputer Dengan Bahasa Python, C dan C++ di Handphone saya memberi informasi kepada pembaca dimana kita bisa membuat program python,c dan c++. Dengan harapan agar mempermudah pembelajaran dalam ilmu pemrograman.

Pada saat ini saya dalam kondisi yang sangat sulit dimana komputer saya rusak dan harus diganti motherboardnya sehingga saya kesal ketika saya ingin sekali untuk mencoba source code yang ada dipikiran saya agar bisa menjalankan programnya dengan lebih baik. Kebetulan programa tersebut terbuat dari bahasa python. Yang ada di genggaman saya itu hanya hp android, saya iseng-iseng bertanya kepada forum linux dimana sebenarnya android itu terbuat dari kernel linux. Apakah saya bisa buat program tersebut dalam hp android saya. Dan benar saja semua bilang bisa. Saya langsung ke playstore dan mencari applikasi dengan keyword python. Nah ini yang saya cari-cari dalam hati saya Pydroid.


Pydroid memiliki kemampuan seperti editor python modern yang bisa menginstal pustaka yang dibutuhkan dalam pembuatan program. Pydroid juga memiliki pintasan membuka terminal dan memiliki yang memiliki keguanaan dalam pengkompilan program juga menjalankan program yang kita buat. Bila kita ingin mengkompile suatu program c dan c++ tinggal ketik gcc untuk file yang terbuat dari bahasa c sedang g++ untuk bahasa c++ lalu nama filenya. Kemudian jalankan dengan ./a.out. file a.out merupakan hasil kompil dari file yang kita eksekusi sehingga bisa dijalankan langsung.


Pydroid memang applikasi editor python. Tetapi python memang terbuat dari bahasa c jadi itu suatu keharusan bahwa hp android kita memiliki kompilernya. Sehingga kita tak perlu repot-repot menginstal gcc dan g++ untuk mengkompil program c dan c++. Ini memungkinkan kita membuat program dan menjalankannya. Sehingga kita tinggal memindahkan filenya ke komputer dan mengeksekusinya dimanapun.

Kesimpulannya yakni kita bisa membuat program komputer di hp android karena android juga menggunakan kernel seperti linux atau unix. Ini memungkinkan kita untuk membuat program komputer yang lainya pada hp android sehingga mempermudah kegiatan kita di saat tidak bisa menggunakan laptop atau komputer.

Untuk tambahan kita juga bisa membuat web dengan library djang* dan sebagainya dengan menambahkan library menggunakan pip command. Untuk melihat library yang sudah terpasang kita tinggal mengetik 'pip list' pada terminal sehingga akan muncul nama-nama library berikut versinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar