Sabtu, 01 Mei 2021

Tampilan Imersif Zoom

Zoom ini merupakan salah satu applikasi yang digunakan untuk komunikasi baik dalam bentuk video atau hanya suara yang bisa dipakai untuk kebutuhan rapat, wawancara, webinar, konfrensi dan lainya. Yah hampir mirip seperti Skype.

source image: https://zoom.us

Pada pembaharuan Zoom kali ini. Zoom menambahkan fitur tampilan Imersif pada saat sang moderator akan memulai rapat. Fitur ini sebenarnya sudah ada pada Skype, yang dinamai "together mode".

Pada tampilan imersif rapat menjadi lebih terasa seperti pada satu ruangan yang sama.Sehingga terasa seperti obrolan secara langsung. Dimana kita semua berada bisa di kantor, dapur, auditorium dan sebagainya.

Ini bisa diaplikasikan karena backround kita di jadikan satu dan kita ditempatkan ditempat duduk atau dimana moderator pilih tetapi untuk maksimal tempat duduknya hanya 25 yang berlatar belakang Auditorium. Sedangkan bila ada orang yang lebih akan ditampilkan pada kotak kotak yang biasa ada di atas layar.

Untuk menggunakanya, moderator harus menunggu orang yang sudah tersambung lalu gambar itu akan muncul di kotak lalu menggesernya ke tempat duduk yang ada. Bila sudah selesai maka bisa memulai acara pertemuan itu.

Untuk mendapatkan versi terbarunya kita harus mengeceknya pada menu 'Check For Update' yang ada di tampilan utama pada applikasi Zoom.Kemudian ia akan mengecek apakah Zoom kita sudah dalam versi terbaru atau belum.Jika nbelum maka akan ada tawaran untuk memperbaruinya.

Sayangnya fitur ini baru bisa dinikmati oleh sistem operasi Windows, dan MacOs dimana kernel MacOs pun harus diperbarui untuk bisa digunakan dengan baik (Os versi 13.3 High Sierra). Dan untuk smartphone belum ada, sehingga latar belakangnya akan hitam walau sudah siatur oleh sang moderator di tempat salah satu duduk.

Pada saat ini tampilan ini belum mendukung rekaman baik secara audio dan video. Bila itu mesti direkam lebih baik pakai tampilan lain yang sudah bisa melakukannya.

Kalau saya untuk applikasi panggilan video atau panggilan biasa memakai data internet lebih baik pakai Google Meet. Bagaimana denganmu? Yang penting applikasi yang kita pakai bisa dimanfaatkan atau digunakan dengan baik.Jangan sampai applikasinya sudah keren tapi gak terbiasa gunainnya. Kan jadi bingung sendiri.

6 komentar:

  1. Sesekali saya juga pake zoom. Tapi masih belum update an terbaru. Hehee

    BalasHapus
  2. dulu sih zoom sekarang pindah ke buatan microsoft karena lebih praktis dan aman

    BalasHapus
  3. Sangat menarik kak review zoom nya ,bermanfaat buat pengetahuan,mkasih kak infonya

    BalasHapus
  4. Main kreatif aja yah jadi nya sekarang...

    BalasHapus
  5. Menggunakan zoom semakin lengkap fitur bagi pengguna semakin kemari makin pas jadi pilihan di saat daring

    BalasHapus