Selasa, 11 Mei 2021

Cara Mengalihkan url Non www Ke url www

Pada saat mengkonfigurasikan dns domain saya saya rasa ada yang salah walaupun saya sudah setting domain pada hosting dan blogger.Saya cek berkali-kali ternyata fix ada yang salah dalam dns domain saya sehingga tidak semua traffik masuk dengan tanpa www sebelum nama domain saya.

Ini sesudah saya pake cloudflare untuk penambahan keamanan dalam blog yang saya kelola. Saya lihat juga konfigurasi dnsnya juga benar tak ada yang kurang atau lebih.

Disini saya mulai berfikir keras, kenapa ini bisa terjadi? Karena tidak ada respon dari host saya, terbukti dengan adanya error page 5xx pada saat saya mengakses domain tanpa www. Ini sangat melelahkan karena saya harus mengevaluasi semua settingan pada halaman blogger, hosting dan juga cloudflare.

Satu demi satu saya reset dan konfigurasi ulang. Tetapi tetap saja tak bisa diakses sehingga saya mencoba salah satu trik untuk menyambungkan ulang atau redirect halaman. Ternyata benar harus ada tambahan konfigurasi pada halaman rule di cloudflare supaya semua halaman domain kita teralihkan ke www. Berikut ini gambar konfigurasi yang saya pakai.

Dalam kasus lain ini juga bisa dipakai untuk parkir halaman yang akan ganti domain supaya trafik atau pengunjung yang lama bisa melihat website atau blog kita walaupun berbeda alamat url sebelum benar-benar ganti alamat.

Setelah saya tambahkan pengaturan pada page role ini website atau blog saya bisa diakses memakai www atau tanpa www domain saya. Sebenarnya pada halaman hostingpun sudah ada halaman dns redirect tetapi tidak berpengaruh lagi karena nameservernya memakai cloudflare

Tahapan pertama yakni kita harus masuk cloudflare.

Kedua tambahkan rule dwngan mengklik tombol Create Page Rule pada halaman rule di cloudflare.


Tahapan ketiga konfigurasikan sesuai dengan domai kamu.


Tahapan terakhir simpan perubahan dengan menekan tombol save.

Sungguh sangat memusingkan bila ini terjadi pada webaite atau blog yang visitornya tinggi.Bisa saja mereka mengakses website kita tanpa www karena menganggap website kita akan langsung tampil tetapi ternyata tidak termuat karena tidak mengatur halaman ini pada clodflare.Bagaimanapun browser akan mengakses website sesuai dengan pengaturan yang kita buat di cloudflare dan hosting.

14 komentar: