Selasa, 24 Agustus 2021

Cara Memasang Program PHP Pada Android

Pendahuluan

Sebelum kita memasang program PHP di android kita harus tahu "Apa itu PHP?". PHP Hypertext Preprocessor (sebelumnya disebut Personal Home Pages) adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP juga merupakan bahasa program komputer terpopuler karena sudah sangat dikenal dan sering digunakan pada website, toko online dan blog. Dikutip dari wikipedia.

Tetapi tak juga diingkari, banyak program yang dibuat oleh bahasa PHP yang memiliki celah keamanan yang menjadikan seakan-akan bahasa PHP ini tidak aman. Jadi sebagian perusahaan banyak yang beralih menggunakan bahasa program lainya seperti Java, C#, GO, Python, Javascript dan lain sebagainya.

Sebenarnya, kelemahan sisitem ini terjadi bukan karena bahasa programnya tetapi sudah banyak program yang mendeteksi celah keamanan pada suatu sistem applikasi yang dibuat program PHP itu. Maka dari itu, para programmer dituntut untuk membuat sintaks kode yang rapi dan juga memakai oop (object oriented programming) sehingga tidak ada istilah Don't Repeat Yourself (DRY) dan memudahkan dalam membuat dokumentasi dari program atau applikasi itu sendiri. Maka dari itu, kita akan menginstall PHP pada smartphone.

Pemasangan PHP

Untuk pemasangan di Android kita membutuhkab sebuah applikasi Termux. Jalankanlah Termux lalu masukan beberapa perintah untuk memasangnya.

~ pkg update

~ pkg upgrade

~ pkg install php

Pada perintah terakhir biasanya akan ada prmberitahuan tentang perubahan applikasi-applikasi yang akan dipasang atau dihapus. Ketik y lalu enter. dan tunggu hingga prosesnya selesai. Pastikan kamu terhubung dengan internet pada saat pemasangan.

Menjalankan Dan Menghentikan Server Dengan Program PHP

Tahap selanjutnya, kita akan menjalankan server melalui 1 perintah saja. Tetapi sebelum itu untuk membuktikan server PHP itu berjalan silahkan buat sebuah file yang bernama index.php yang berisi block kode ini.

php di android

lalu jalankan perintah ini.

~ php -S localhost:8080
php di android

Untuk melihat server kita berjalan, bisa buka perambahan favorit kamu seperti chrome, opera, firefox, dan lainya. Kemudian ganti url atau linknya jadi localhost:8080.

php android

Untuk menghentikan server kamu cukup menggunakan ctrl+c pada termux.

Kesimpulan Dan Keterangan Tambahan

Server dengan PHP ini sangat dinamis, juga bagus dan bisa dikombinasikan dengan program javascript. Untuk database yang digunakan bisa menggunakan mariadb.

Selamat Program PHP kamu sudah dalam genggaman. Happy Coding!

1 komentar: