Rabu, 29 September 2021

File-file Pada PHP

Pendahuluan

Setelah memasang dan menjalankan server php maka kita akan membahas tentang file-file php. Bila kamu ingin menjalankan filenya kamu tinggal ke url localhost:8000 dan kamu akan melihat file index.php berjalan.

Membuat Web Statis Dengan HTML, JAVASCRIPT, CSS dan PHP

Kamu bisa menambahkan <?php script file php yang ingin dijalankan dan ditutup dengan ?>. Sebagai contoh kita membuat sebuah file hallo.php dengan isi kode yang sederhana saja yakni

<?php
    echo "Hallo Kawan!";
?>

Kemudian jalankan browser kamu dan pergi ke url localhost:8000/hallo.php. Maka kamu akan melihat kalimat Hallo Kawan! pada browser kamu.
Kamu juga bisa menggabungkan html, css dan javascrip ke dalam file php yang kamu buat. Seperti ini
<!DOCTYPE html>
<html>
    <head>
        <title>PHP "Hello, Kawan!" program</title>
        <link rel="stylesheet" type="text/css" href="mystyle.css">
    </head>
    <body>
        <?php
            echo '<p id ="klik" class="dekorasi">Hallo Kawan!</p>';
        ?>
    <script src="myactions.js"></script>
    </body>
</html>

Pada contoh script diatas saya mengasumsikan  memiliki file mystyle.css dan myactions.js pada direktory yang sama dengan hallo.php. Isi dari file mystyle.css yaitu
.dekorasi{
    color: green;
}

dan file myactions.js
document.getElementById("klik").onclick = function()
    {
    alert("You clicked me?");
    }

Jalankanlah pada browsermu lalu pergi ke url localhost:8000/hallo.php dan klik kalimat Hello Kawan!. Nah begitu kiranya membuat 1 halaman website dengan HTML, CSS, JAVASCRIPT dan PHP.
Pada umumnya untuk menggunakan script php kita harus memulainya dengan <?php dan menutup scriptnya dengan ?>.

web statis html javasrcipt css php

Macam-macam File Pada PHP

Berikut ini merupakan beberapa jenis file yang sering digunakan pada pemrograman PHP. Sehingga perlu juga kita ketahui manfaat, penggunaan dan cara membuka file-file tersebut

File .php

Sebuah pustaka atau plugin yang khusus di bentuk untuk fungsi yang bisa digunakan oleh banyak applikasi. Kamu bisa membukanya pada server yang kamu bangun atau bisa juga dengan code editor seperti geany, Notepad bracket dan sebagainya.

File .phar

File yang berekstensi .phar sama seperti file jar pada bahasa pemrograman java. Arsip phar biasanya digunakan untuk pengiriman applikasi yang terdiri dari file dan juga pustaka php yang dibutuhkan untuk software tersebut.
Cara menggunakan file phar yakni dengan metode require atau include pada baris code yang kita buat. Atau juga bisa menggunakan cli dengan perintah
$ php composer.phar

File .phtml

File .phtml merupakan file yang terdiri dari beberapa tipe file. PHTML juga biasanya bersama dengan PHP Web Page Format. File ini bisa dibuka oleh browser kamu atau text editor seperti notepad atau sejenisnya.

File .pht

File .pht mencakup halaman HTML dengan script kode PHP dan juga informasi akses database.

File .phps

File phps merupakan file yang mengidentifikasi apakah program bisa atau boleh dijalankan atau digunakan. Dengan kata lain file ini memuat seluruh pengaturan penggunaan file dan sebagainya agar program berjalan sesuai dengan tujuan dan penggunaanya. File .phps bisa dibuka dengan phpedit, Zand Studion, dan Microsoft Web Platform Extension.
Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu pembaca dan juga penulis dallam pemahaman tentang PHP Programming.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar