Minggu, 12 September 2021

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Di Handphone Android

Pendahuluan

Pada saat ini semua orang ingin serba cepat dan serba mudah. Begitupun dengan membuat lamaran. Artikel ini membahasa tentang pembuatan surat lamaran kerja yang bisa dibuat pada hp anda.

Buat satu lamaran dan bisa dikirim ke berbagai perusahaan yang diinginkan. Cukup edit dan kirim lagi sehingga diharapkan lebih mempermudah dan mempercepat proses pelamaran ke tempat kerja yang kamu inginkan.

Pembuatan Surat Lamaran

Sebelum kita membuat surat lamaran, kita memerlukan sebuah applikasi android yang bisa membuat dokumen word. Pada saat pembuatan ini saya menggunakan WPS Office untuk android yang bisa kamu unduk di website resminya bila tidak ada di play store.

office-handphone

Setelah kamu memasangnya kamu bisa membuat lamaran yang nantinya akan berbentuk file lamaran.docx atau lamaran.doc dengan mengklik simbol tambah (+) pada layar bagian bawah kanan. Nanti akan muncul beberapa pilihan file yang akan digunakan. Maka pilihlah dokumen baru. Tetapi bila kamu ingin membuat presentasi kamu bisa memilih presentasi.

Kemudian kamu bisa mengetiknya sendiri. Biasanya pada bagian bawah diatas papan ketik ada 2 ikon penting yang bisa kamu gunakan untuk mengubah posisi text, warna, alignment dan sebagainya.

Setelah selesai maka jangan lupa untuk menyimpanya dengan menklik ikon disket di bagian atas atau ikon simpan. Seleteh itu tekan tombol selesai.

Membaca Dokumen

Untuk membaca dokumen kamu hanya perlu memncet tombol buka pada bagian atasnya. Kemudian kamu harus memilih dokumen dalam bentuk apa yang akan dibuka. Untuk dokumen yang berekstensi atau .doc atau docx kamu bisa memilih ikon W. Sedangkan bila ingin presentasi maka pilihlah ikon P.

wps-android

office-android2

Mengedit Dokumen

WPS Office tidak hanya bisa membuat dan membaca dokumen tetapi bisa juga mengeditnya. Untuk mengedit dokumen kamu pelu membuka dokumen yang ingin kamu edit. Setelah itu kamu tinggal pencet tombol Edit dibagian atas sebelah kiri.


wps office

Mudah bukan cara membuat, membaca atau membuka dan mengedit lamaran di handphone.  Semoga kamu cepat dapet pekerjaan. Dan sukses selalu.

6 komentar:

  1. Makasih banget yah tutorialnya. Bisa share ke kakaku yang mau bikin surat lamaran tapi gak ada laptop. Ternyata bisa pake hp 😊👍

    BalasHapus
  2. Pake hp bisa juga yah
    Makasih bos tips nya

    BalasHapus
  3. Nulis lamaran kerja di hp? enak bangetlah. jadi lebih simple. BIsa dikerjakan dimana-mana.

    BalasHapus