Minggu, 12 Februari 2023

Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Wajib Diketahui

Bahasa Pemrograman Python merupakan bahasa pemrograman terpopuler dan banyak digunakan saat. Untuk dapat menggunakan bahasa pemrograman satu ini diperlukan pemahaman yang kuat tentang dasar bahasa tersebut, berikut adalah dasar bahasa pemrograman Python yang wajib diketahui.

Input                                                                                                   

Input merupakan dasar pertama dari bahasa pemrograman Python. Input merupakan proses untuk memasukan data ke template coding. Metode input pada Python dapat dijalankan dengan memberikan masukan dengan instruksi  input() serta juga bisa menggunakan raw_input().

Input yang dapat dimasukan pada Python dapat berupa teks dan juga angka. Fungsi dari input() adalah untuk mengambil data yang merupakan angka sedangkan raw_input() digunakan untuk mengambil data input berupa teks.

Output

Dasar bahasa pemrograman Python kedua adalah output. Output berperan sebagai keluaran dari input yang diberikan sebelumnya. Pada Python output dapat dibuat dengan fungsi print(). Selain itu peran output juga sebagai media yang dapat menampilkan tulisan informasi dan ditampilkan ke layar.

Namun tidak hanya ditampilkan kelayar saja, peran output disini juga dapat menampilkan informasi ke disk atau ke salah satu daripada unit I/O. Berbeda dari Python versi 3.0 yang menggunakan fungsi print() untuk output, pada Python versi 2.0 output dibuat dengan menuliskan syntax print saja.

Data

Dasar berikutnya yang wajib dipelajari pada bahasa pemrograman Python adalah data. Data pada Python merupakan suatu media atau memori yang difungsikan untuk  menampung berbagai informasi yang dibuat pada Python.

Pada Python data dapat berupa variabel, konstanta, dapat berisi bilangan dan juga dapat berisi kalimat. Beberapa tipe data yang luas penggunaannya pada bahasa pemrograman Python adalah string, number, list, tuple dan beberapa lainnya.

Operation

Operation adalah dasar bahasa pemrograman Python selanjutnya yang wajib dipelajari oleh coder yang ingin belajar bahasa ini. Fungsi dari salah satu dasar pemrograman Python satu ini adalah sebagai media yang dapat berperan untuk mengubah nilai menjadi nilai lain.

Operation pada pemrograman ini dapat berupa operator aritmatika, operator assignment dan beberapa lainnya. Pada dasar ini juga dapat digunakan untuk operasi aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian.

Looping

Looping adalah perintah yang berjalan beberapa kali dengan satu instruksi saja. Looping atau perulangan merupakan suatu instruksi yang diberikan pada Python agar dapat melakukan proses data, menampilkan data, menghitung data, dan beberapa instruksi khusus lain secara berulang.

Perintah Looping yang menjadi dasar bahasa pemrograman Python ini dapat berjalan dengan menggunakan beberapa fungsi seperti fungsi for dan while. Selain untuk perhitungan Looping juga dapat digunakan untuk visualisasi pada variable data secara serentak.

String

String dalam bahasa pemrograman sering disebut sebagai perkumpulan karakter yang dapat ditandai dengan tanda kutip tunggal yang mengelilinginya. Tidak hanya tanda kutip tunggal saja, ternyata string juga dapat ditandai dengan tanda kutip ganda bahkan juga dapat menggunakan tanda kutip tiga.

Variabel-variabel yang termasuk kategori string sendiri memiliki beberapa fungsi yaitu untuk mencari variable bagi frasa tertentu, digunakan sebagai media untuk memeriksa panjang pada variabel, serta digunakan juga sebagai media untuk memeriksa jumlah kata yang digunakan.

Demikianlah beberapa dasar bahasa pemrograman Python yang wajib dipelajari sebelum menggunakan Python secara profesional. Dasar-dasar pemrograman pada Python tersebut sangatlah penting dipelajari agar web developer menjadi mahir dan peka ketika terjadinya eror saat proses pengerjaan coding.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar