Kamis, 18 Oktober 2018

Cara Buat Blog Dengan Codeigniter

Sebelumnya kita telah membuat form dari Codeigniter. Selanjutnya kita buat postingan dengan menggunakan metode MVC yakni Model View Controller.

Mari kita buat databasenya terlebih dahulu untuk menyimpan postingan yang kita buat. Untuk membuatnya silahkan masukan kode sql ini pada mysql. Ini bisa dimasukan melalui console atau command prompt.
mysql -u root -p
pada kode diatas merupakan jalan masuk database mysql dengan user root lalu masukan password atau langsung tekan enter bila tidak memakai password. create database blog; use blog; CREATE TABLE `post` ( `no_post` int(19) PRIMARY KEY AUTO_INCREMENT, `penulis` varchar(25) NOT NULL, `judul` varchar(30) NOT NULL, `isi` text NOT NULL, `tanggal` varchar(20) NOT NULL, `waktu` varchar(10));

Pengaturan autoload.php config.php dan database.php nya harus benar agar database bisa terakses oleh applikasi kita. Buat konfiguasi router.php ke home.Kemudian mari kita buat controller Home.php pada file controller untuk menampilkan dan menambahkan data. Lalu salin kode ini.
<?php defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed'); class Home extends CI_Controller { public function index() { $this->load->model('model'); $data = $this->model->GetPost('post'); $data = array('data' => $data); $this->load->view('homepage', $data); } public function insert(){ $this->load->model('model'); $tanggal= date("Y-m-d"); $waktu= date("H:i:s"); $data = array( 'penulis' => $this->input->post('penulis'), 'judul' => $this->input->post('judul'), 'isi' => $this->input->post('content'), 'tanggal' => $tanggal, 'waktu' => $waktu ); $data = $this->model->Insert('post', $data); redirect(base_url(),'refresh'); } }

Kita harus membuat model untuk memanipulasi data yang ada pada database. Dibawah ini merupakan kodenya agar bisa menampilkan dan menambahkan datanya dan save dengan nama Model.php pada file model.
<?php defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed'); class Model extends CI_Model{ public function GetPost($table){ $res=$this->db->get($table); // Kode ini berfungsi untuk memilih tabel yang akan ditampilkan return $res->result_array(); // Kode ini digunakan untuk mengembalikan hasil operasi $res menjadi sebuah array } public function Insert($table,$data){ $res = $this->db->insert($table, $data); // Kode ini digunakan untuk memasukan record baru kedalam sebuah tabel return $res; // Kode ini digunakan untuk mengembalikan hasil $res } } ?>
Lalu kita buat file homepage.php pada folder view. Untuk kodenya silahkan salin kode ini. Saya menggabungkan form tambah dan lihat postingannya pada halaman ini.

<?php defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed'); ?><!DOCTYPE html> <html lang="en"> <head> <meta charset="utf-8"> <title>Input data in CodeIgniter</title> </head> <body> <div id="container"> <h1>Input postingan di blog!</h1> <p id="body"> <table class='table'> <form method="post" action="<?php echo base_url()."index.php/home/insert"; ?>"> <tr> <td>Penulis</td> <td>:</td> <td><input required type="text" name="penulis"></td> </tr> <tr> <td>Judul</td> <td>:</td> <td><input type="text" name="judul"></td> </tr> <tr> <td>Isi Content</td> <td>:</td> <td><textarea name="content"></textarea></td> </tr> <tr> <td><input colspan="3" class="bSimpan" type="submit" name="submit" value="Simpan"></td> </tr> </form> </table> <h2 class="view">Tampilan Posting Anda:</h2> </p> <p> <?php foreach ($data as $postData) {?> <h1 class="judul"><?php echo $postData['judul']; ?></h1> <div class="penulis">Penulis : <?php echo $postData['penulis']; ?></div> <br \> <code><?php echo $postData['isi']; ?><br \></code> <a href="<?php echo base_url()."index.php/home/edit_data/".$postData['no_post']; ?>"><button class="bEdit">Edit</button></a> <a href="<?php echo base_url()."index.php/home/hapus_data/".$postData['no_post']; ?>"><button class="bDelete">Delete</button></a><br \> <div class="kelas">Tanggal terbit :<?php echo $postData['tanggal']; ?> <t></t> pada jam :<?php echo $postData['waktu']; ?></div><br \> <hr \> <?php } ?> </p> </div> <p class="footer"> Created by www.zakycomputer.me </p> </body> </html>

Dibawah ini merupakan tampilan pada saat kita akses pada browser. Postingan selanjutnya kita akan mengubah dan menghapus postingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar