Rabu, 26 Mei 2021

Pendaftaran Pelatihan Kerja Disnaker

Pada artikel ini merupakan intermezo sekaligus informasi kepada para pembaca setia blog ini agar lebih sabar dalam mencari pekerjaan.

Saat ini penulis sedang mencari pekerjaan tambahan selain membuat artikel-artikel yang bermanfaat, agar lebih bermanfaat pada kehidupan sekaligus menambah pundi-pundi rupiah dan pahala.

Kemarin saya melamar ke sebuah perusahaan yang ada spanduk mencari pekerja. Sekaligus perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang sudah ada keluarga disana menjadi karyawan tetap. Pikir saya, mungkin mudah dapat kerja disana karena hal itu.

Saya pun mencoba mendatangi perusahaan tersebut dengan harapan yang cukup besar untuk diterima.

Ketika tiba disana, saya menanyakan hal lamaran pekerjaan disana. Dan benar ada proses penerimaan pekerja disana. Saya pun menunggu sampai pukul 7.30 dan setelah itu para calon pekerja pun diseleksi menurut panggilan. Ada yang dapat panggilan dari hrd maupun manager perusahaan tersebut, ada juga yang dari blk dan terakhir yang punya paklaring dalam posisi yang ditentukan. Sialnya saya tidak punya surat tersebut dan akhirnyapun saya dan yang lainya disarankan untuk kembali besok harinya.Yah dengan kata lain selain kriteria tersebut tidak bisa mengikuti seleksi di perusahaan tersebut.Pikiran dan perasaan saya pun campur aduk antara bingung, kesal dan marah."Mungkin belum rezeki" ulang hati kecilku agar tidak terlalu sedih akan keadaan ini.

Kemudian saya mencoba ke BLK (Balai Latihan Kerja) di kota saya. Sebenarnya saya sudah mendaftarkan diri saya di SISNAKER yakni aplikasi yang dirujukan para petugas BLK disana. Tetapi saya belum dapat satu pesan ataupun panggilan tentang pelatihan di aplikasi tersebut maupun pesan atau email. Kemudian saya pun mengkonfirmasi hal tersebut ke petugas. Benar saja, saya tidak akan pernah dapat pesan ataupun informasi dari pelatihan di BLK karena saya belum mendaftarkan diri saya pada aplikasi SISNAKER. Berikut ini cara mendaftar dan mengetahui jadwal pelatihan yang telah diambil.

Pilihlah menu pelatihan

Isilah sesuai dengan BLK kotamu
Pilih latihan yang akan dilakukan
Klik tombol daftar sekarang
Pilih blk kotamu
Bila sudah maka kamu bisa mengunduh formulir pendaftaran pada applikasi ini.

Kemudian kita harus datang ke blk kota kita karena jenis pelatihan ini Non Boarding. Apabila kita mengunjungi langsung BLK maka biasanya ada jadwal pelatihan yang sudah dibuat oleh petugas disnaker. Tinggal kita foto dan pilih pelatihan mana yang akan kita lakukan. Agar bisa dipersiapkan jauh-jauh hari.Semoga bermanfaat untuk pribadi dan umumnya bagi pembaca sekalian.

11 komentar:

  1. Wah informasi baru buat saya. Bisa bermanfaat terutama bagi mereka yang ingin mencari kerja.

    BalasHapus
  2. Ini sangat bermanfaat bagi para pencari kerja...semoga jadi ladang pahala

    BalasHapus
  3. Pendaftaran kerja dahulu menggunakan semacam kartu kuning, sekarang sudah banyak informasi

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat untuk lulusan baru

    BalasHapus
  5. Jadi gampang banget ya jaman sekarang...kalo dlu susah bangett buat apa apa pun harus ke sana ke sini

    BalasHapus
  6. keren banget kak, jadi mudah mencari loker

    BalasHapus
  7. Emang jaman now makin maju.. ngelamar kerjaan dah g eprlu ribet

    BalasHapus