Jumat, 14 Mei 2021

Persiapan Menjadi Web Designer

Memang tak disangkal selain programmer, desainer juga sangat berperan untuk performa suatu website atau blog. Dengan template yang ciamik dan link-link navigasi yang posisinya mantap menjadikan suatu blog atau website eye-chatching (enak dilihat oleh mata). Juga tak diragukan gaji dari seorang desainer website sama dengan gaji programmer yang notabenenya bekerja pada bagian backend yang bekerja keras dalam proses logika yang berjalan pada suatu applikasi website.

Bagaimana mengukur kemampuan seseorang desainer web sehingga handal untuk melakukan tugasnya sebagai fontend. Hal-hal yang harus dipahami untuk menjadi web desainer yakni:

Menguasai Bahasa-bahasa dan Dasar Pembangunan Website

Dasar-dasar yang sering dibuat untuk membuat website yakni

HTML /HTML5

HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language. Ini bukan sebuah bahasa pemrograman karena HTML adalah Markup Language jadi jangan disalah artikan. Minimal kerangka dari sebuah website biasanya terdapa tag html,head, title dan body. Sedangkan HTML5 merupakan versi terbaru dari HTML. HTML5 memiliki pembaharuan yakni kerjasama antara World Wide Web Consortium (W3C) dan the Web Hypertext Application Technology Working Group (WHATWG). WHATWG ini bekerja dengan formulir dan applikasi sehingga menjadi lebih terkesan dinamik sehingga bisa membuat game sederhana denganya.

Javascript

Javasvript adalah bahasa skripting paling populer di internet, dan bisa dijalankan di hampir semua browser. Pada akhir-akhir tahun ini justru dengan javascript kita bisa melakukan semua aktifitas baik backend maupun frontend dengan menggunakan framework seperti VueJs,NodeJs,ReactJs dan sebagainya. Menggunakan Javascript pada website memberikan tambahan interaktif dan membuat tampilan website menjadi lebih dinamik.Dengan catatan bila pengguna dikhususkan pada daerah yanh sulit koneksi internet atau internet yang lambat lebih baik tidak menggunakan framework js ini. Ini akan memberi waktu yang tambahan untuk memuat halaman.

XML

XML singkatan dari EXtensible Markup Language. Ia memiliki kemiripan yang sama dengan HTML untuk markup language. Dan penggunaan utama XML yakni untuk membawa data.Tetapi yang banyak dipakai sekarang dalam kegiatan programming adalah AJAX. Bila kamu sudah mengerti XML dan Javascript maka tidak akan bingung dengan skrip AJAX.

CSS


CSS merupakan kependekan kata dari Cascading Style Sheets. CSS sendiri digunakan untuk bagaimana cara menampilkan element HTML.Biasanya CSS juga biasanya disimpan di file yang lain.

TypeScript


TypeScript merupakan bahasa yang baru (dipopulerkan) untuk komputer.  TypeScript dikembangkan dan dirawat oleh Microsoft. TypeScript ini mirip sekali dengan Javascript.Karena TypeScript merupakan bahasa pemrograman yang dibuat dengan javascript. Sehingga bila sudah memahami Javascript maka TypeScript juga akan mudah dipahami. TypeScript dikembangkan untuk membuat applikasi yang besar dan transcompile ke Javascript.

Mahir Menggunakan Software Visual Editor

Mengapa poin ini juga saya cantumkan karena dengan menggambar sketsa dimana nanti bisa dijadikan kerangka website. Sehingga mempermudah membuat kodinganya.Software yang bisa dikuasai yakni photoshop atau GIMP, Coreldraw atau Inkscape dan sebagainya. Bila kamu belum bisa menggunakan salah satu dari software tadi akan menjadi hal yang cukup rumit untuk mendisain sebuah websitenya.

Jiwa Seni

Saya yakin jika kamu mempunyai jiwa seni yang memang dimiliki para disainer pasti karya kamu akan jadi sangat menakjubkan. Kalau desain kamu sudah selesai, bolehkah saya lihat? Mungkin saya akan memintamu untuk mendisain punya saya juga.

5 komentar: