Minggu, 16 Mei 2021

Pengertian Cryptocurrency

Cryptocurrency atau Mata Uang Elektronik (Virtual) merupakan alat penukaran barang di dalam internet yang memiliki block terdesentralisir. Contoh dari Cryptocurrency ini yakni bitcoin, Litecoin, Ethereum dan yang lainya.

Bila kita memiliki Cryptocurrency untuk membeli suatu barang atau memakai jasa di internet ini bisa dikatakan legal. Dahulu kala mata uang ini hanya digunakan untuk keperluan ilegal semacam jual-beli ilegal dan pemakaian jasa ilegal juga dan biasanya dilakukan di pasar gelap yang ada di dark web.

Dijaman sekarang Cryptocurrency malah dibuat sarana untuk berinvestasi, karena ketidak tergantungan nilai mata uang negara manapun. Cryptocurrency pun sekarang sudah populer dikalangan pengguna internet di Indonesia.

Dilansir dari salah satu media di Indonesia akan ada lembaga yang mengurusi akan Cryptocurrency ini. BI (Bank Indonesia)sendiri tidak menyarankan ataupun melarang pembelian dan penjualan Mata Uang ini. Saya berharap agar mempercepat didirikannya lembaga ini. Karena kita juga bisa membuat Cryptocurrency untuk negara kita sendiri sehingga tidak perlu mencetak uang untuk keperluan halayak ramai. Sehingga kita tidak terlalu bergantung pada mata uang yang sudah ada. Lalu pembangunan baik manusia maupun fasilitas berjalan lebih cepat.

Keuntungan Cryptocurrency

Dengan memiliki mata uang ini kita bisa bertransaksi kenegara manapun tanpa adanya pihak ketiga yakni bank, jadi hanya penjual dan pembeli atau pemakai jasa dan pemilik jasa.

Kelemahan Cryptocurrency

Karena mata uang ini menggunakan system semi-anonim dalam transaksinya menjadikan ini merupakan alat pertukaran untuk hal-hal negatif. Sehingga tidak ada jasa otoritas apapun yang mau bertanggung jawab atas kehilangan maupun penggunaanya.

Cara Mendapatkan Cryptocurrency

Untuk mendapatkan Cryptocurrency kita bisa membelinya di situs terpercaya seperti cripto.com, investopedia.com, binance.com dan sejenisnya.Mendapatkannya dengan memberikan jasa seperti dalam penjualan tema dan plugin yang bisa meminta pembayaran dengan Cryptocurrency bila harga memang sesuai dengan mata uang tersebut tetapi lebih murah dibanding langsung membelinya disana (lewat private massage)*tidak disarankan, atau membelinya dari teman yang ingin mencairkannya(jarang sekali) karena rata-rata pemilik Cryptocurrency digunakan untuk investasi.

Teman saya juga punya pengalaman tentang salahsatu mata uang elektronik atau virtual yang sedang menurun drastis harganya. Lalu menjual semuanya karena takut harganya anjlok drastis.Bagaimana dengan kamu? Apakah punya uang virtual?

13 komentar:

  1. beberapa sudah ada yang menggunakan sebagai investasi, literasi tambahan sebagai mata uang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang realitanua sekarang jadi begitu.

      Hapus
  2. Negara-negara eropa bahkan sudah mulai menggunakan ya sepertinya

    BalasHapus
  3. Wah udah main inves giniah nih, apalah saya tau inves cuma bibit doang...itupun cuma 50k

    BalasHapus
  4. Saya pernah membaca-baca sedikit tentang ini. Mau mencoba cuma masih takut-takut. Hehehe

    BalasHapus
  5. mantap sekali keren dan menarik, bagi kalian yang tertarik dengan dunia IT bisa baca juga loh di https://blog.rajait.id

    BalasHapus
  6. Inves kayak gini aman gak bang,, karena byak teman sya yang udah ketipu gara2 inves

    BalasHapus
  7. Literasi finasial semacam ini perlu banget ya...sy jadi pgn tau lbh jauh ttg Etherium itu..👍

    BalasHapus
  8. Sangat bermanfaat dan membantu nambah pengetahuan tentang cryptocurrency, mkasih kak

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. klo di sayah koin receh booming gan buat kembalian yang jualan.. hihi

      Hapus