Kamis, 03 Juni 2021

Pelatihan Di BLK (Balai Latihan Kerja)

Akhir-akhir ini banyak sekali orang yang tak ada pekerjaan dan tak ada kemampuan untuk menghasilkan uang sendiri atau merintis usaha, yang tidak memiliki pekerjaan tetap tetapi memiliki kebutuhan yang banyak. Yah bisa disebut pengangguran alias tidak ada pekerjaan. Disisi lain kehidupan mengabsen seluruh kebutuhanya pada kita. Di BLK ini saya dan beberapa teman (terpaksa) berlabuh atau bersinggah sementara, dengan harapan mendapatkan pekerjaan yang baik kelak.

Artikel ini tidak menjelaskan secara rinci pelatihan atau penyeleksian di BLK melainkan menjelaskan agar kita selalu tabah, jangan berkecil hati dan sabar dalam menghadapi ujian hidup terutama pada pekerjaan. Karena kita semua dihadapakan pada kenyataan bahwa lowongan pekerjaan lebih kecil jumlahnya dibandingkan pencari pekerjaan. Belum lagi alasan informal lainya.

Pelatihan yang sedang saya jalani yakni pelatihan penambahan skill atau kemampuan. Pelatihan ini digelar untuk 16 orang dan ketika itu kami ada 40 orang lebih. Maka dari itu kamipun diseleksi sehingga menjadi 16 orang saja. Untuk bocoran penyeleksian yakni Nilai Disiplin dan Kejujuran yang sangatlah diutamakan.

Seperti dalam penyeleksian online pada pengisian ujian psikotes juga tertulis(wawasan). Kita mesti mengerjakan formulir tersebut mulai pada tepat waktu dan usahakan untuk menyelesaikannya tepat waktu. Merupakan kunci keberhasilan melewati penyeleksian tahap awal ini.

Tahapan selanjutnya yakni wawancara.Tes ini, saya rasa menguji kejujuran dan keterampilan yang kita miliki. Ibarat kata lebih enak air putih yang ada lebih baik ketimbang air es jus yang tidak ada untuk menghilangkan dahaga.

Bila seleksi ini lulus maka kita akan melakukan pelatihan di BLK selama waktu yang telah ditentukan. Biasanya akan diinformasikan tentang tempat, waktu, pakaian yang digunakan dan perlengkapan yang harus dobawa pada saat tes wawancara maupun pelatihan.

Pelatihan yang digelar oleh BLK ini merupakan program pemerintah yang didanai oleh pemerintah untuk semua rakyat indonesia.Sehingga digunakan seefisien mungkin.Agar memberikan pelatihan yang baik dan bisa beemanfaat bagi peserta di dalam dunia kerja maupun di kehidupan sehari-hari. Dengan demikian "saya rasa" pelatihan ini akan bisa dikatakan sukses bagi peserta.

Bagaimana dengan ceritamu hari ini? Sudahkah kamu dapat pekerjaan? Atau sedang kesal / bosan dengan pekerjaanmu ? Atau sedang merintis usaha? Sabar dan jangan menyerah yah?

9 komentar:

  1. Tapi kayanya semenjak pandemi, BLK hampir tak pernah ngadain kegiatan pelatihan deh.. Soalnya sekarang pelatihannya berbasis online.. 😊

    BalasHapus
  2. Ada pelatihan gitu bagus nya di barengi dengan ada nya uang pesangon😁

    BalasHapus
  3. Emang corona ada ya blk? Bukannya tutup sementara?

    BalasHapus
  4. klo di daerah saya ada. 4 sesi untuk tahun 2021. ada y online ada pula offline(tatap muka). Ofline menjadi keharusan bila pelatihanya merupakan praktek dilapngan.

    BalasHapus
  5. Di dekat rumah saya tu ada BLK. Tapi kayaknya nggak ada kegiatan deh. Apa karena saya yang nggak tahu ya? Kalau misalkan ada pelatihan gitu kan enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek ke lokasi ajah dek.. siapa tau ada..
      lumayan daripada nganggur g jelas. eh

      Hapus
  6. pernah ikut blk... seru banget

    BalasHapus