Minggu, 11 Juli 2021

Cara Mengosongkan Penyimpanan Pada Handphone

Disaat kita membeli handphone kita memiliki banyak ruang kosong untuk digunakan menyimpan file berupa foto, video maupun memainkan applikasi pada handphone kita. Tetapi pada suatu saat muncul pemberitahuan penyimpanan handphone penuh, sehingga tidak bisa menyimpan foto atau merekam video apalagi menginstall applikasi baru.
Sebagian orang memilih untuk mengganti handphonenya ke handphone terbaru yang memiliki penyimpanan lebih banyak dari handphone terdahulu. Ini merupakan solusi yang biasa diggunakan oleh orang yang berkecukupan salam finansial tetapi bagaimana cara mengosongkan penyimpanan handphone? Padahal semua yang ada baik itu foto, video maupun applikasi sangat dibutuhkan dan penting sehingga tidak boleh dihapus. Berikut ini merupakan beberapa cara mengosongkan penyimpanan handphone.

Pengertian Penyimpanan
Penyimpanan pada handphone atau elektronik yakni proses penyimpanan dan pemanggilan ulang informasi yang sudah ada. source wiki

1.Memindahkan Ke Penyimpanan Awan
Ini akan sangat bermanfaat jika kita memiliki banyak kenangan tentang video-video juga foto-foto. Ada banyak Penyimpanan Awan atau yang sering disebut (Cloud Storage). Contoh penyimpanan awan yakni ICloud, Google Drive, Microsoft One Disk, Dropbox, 4share atau sebagainya. Untuk menyimpanya saya sarankan pilih salah satunya saja. Agar memudahkan dalam mengembalikan dan mencari file, foto atau video yang dicari.


2.Menghapus Applikasi Yang Jarang atau Tidak Digunakan
Applikasi yang jarang digunakan atau tidak digunakan juga berkontribusi dalam penuhnya penyimpanan pada handphone. Karena walau tidak digunakan applikasi menggunakan penyimpanan dalam pemasangan baik itu dalam komputer maupun dalam handphone. Sehingga lebih baik menghapusnya dan bila akan menggunakanya kembali kita tinggal mendownload dan memasangkan ulang applikasi yang kita telah hapus.


3.Mengompress File-file, Foto-foto, dan Video
Proses ini menggunakan applikasi bawaan handphone biasanya hanya dengan memilih file-file yang akan dikompress lalu memilih opsi kompress atau tool rar, zip atau sebagainya untuk meringkas semua dokumen-dokumen menjadi satu dan lebih kecil dalam ukuranya. Sehingga ini juga biasa digunakan dalam pem-backupan server atau database yang sangat besar.


4.Mengatur Otomatis-Hapus Pada Pesan Lama
Pesan merupakan hal yang sangatlah sepele bagi sebagian orang padahal pesan sendiri memiliki ruang pada penyimpanan di handphone kita. Bila kita tidak mau repot menghapusnya satu per satu, kita bisa membuat pengaturan otomatis-hapus pada pengaturan.


5.Menyimpan Ke Penyimpanan External
Sudahlah barang tentu, kartu memori yang ada pada handphone merupakan salah satu media penyimpanan yang bagus untuk semua media baik itu berupa file, foto maupun video. Tetapi bila kita menyimpan applikasi pada katu memori terkadang akan rusak bila kita menggantinya dengan kartu memori lain atau melepaskannya.

6.Menekan Tombol "Hapus Sekarang" atau "Free Up Space"
Pada menu pengaturan > Pemeliharaan perangkat biasanya ada menu untuk membebaskan penyimpanan baik berupa cache atau file sampah pada menu bawaan dari handphone. Ini akan memangkas banyak cache maupun file sampah yang memakan penyimpanan handphone kita.


7.Mereset ulang Handphone
Langkah terkhir yakni mereset atau mengembalikan kondisi handphone seperti kondisi saat baru pertama kali digunakan. Bila kamu ingin melakukan langkah ini sebaiknya mem-backup nomer-nomer telepon, file-file, foto-foto dan video-video yang penting ke media penyimpanan lainya selain pada penyimpanan telepon. Lalu melepas semua penyimpann externel. Langkah ini tidak disarankan karena semua applikasi yang telah terpasang akan terhapus dan harus diunduh dan dipasang kembali kita.


Pada handphone yang terbaru memiliki banyak penyimpanan sendiri. Alangkah baiknya untuk menyesuaikan kebutuhan penyimpanan yang digunakan dengan handphone yang digunakan untuk menjaga-jaga pembackupan file-file, foto-foto maupun video penting yang ada pada handphone. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi semua pembaca dan khususnya penulis.

11 komentar:

  1. Betul menggunakan tools seperti memori eksternal membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. semakin besar memori yang ada akan semakin bagus performa handphone.

      Hapus
  2. Kadang memang kita nggak menyadari sih file di ponsel kita udah penuh. Terus bingung mau hapus gimana. Kayaknya aku mulai hapus cache dulu kali ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya biar g ush ada y dipindahkan atau dihapus

      Hapus
  3. Biasanya saya akan memindahkan file" tertentu di hardisk laptop, itu sangat membantu mengurangi penyimpanan hehe, terimakasih sarannya mas

    BalasHapus
  4. Thank you infonya. Beberapa hal diatas juga saya lakukan sih. Paling enak memang simpan di google drive jadi file ga akan hilang dan bs diakses dimanapun, ga perlu via handphone. Trus hapus secara berkala file2 dan applikasi yg tak terlalu penting. Itu sih yang paling sering saya lakukan.

    BalasHapus
  5. Paling gampang sih pindahin aja hehe

    BalasHapus
  6. Aku sih hapus manual biasanya

    BalasHapus
  7. Oooh.. begitu toh caranya, pantes hpku penuh terus dan error, aku g tau kalo harus mindahin foto2 dlu dan sayang banget kalo mau aku hapus. Thanks ya infonya... Sangat membantušŸ‘

    BalasHapus