Minggu, 08 Agustus 2021

Mobil Terbang Masa Depan Di 2021

Pendahuluan

Mobil merupakan alat transportasi darat yang memiliki roda lebih dari 3. Mobil sendiri sudah lama dikenal oleh manusia dan menggantikan pekerjaan kuda dalam mengangkut barang atau orang pada jarak jauh. Tidak sembarang orang diizinkan mengendarai mobil, hanya orang yang memiliki surat izin mengemudi yang diberikan oleh pihak yang berwenang.

Pada zaman ini, banyak orang yang memiliki mobil dengan banyak kemudahan mengemudi, seperti memgemudi otomatis, pengereman otomatis, dan lain sebagainya. Dan yang mobil sedang viral di tahun ini yakni mobil terbang dalam waktu 30 menit.

Sebenarnya sebelum abad 20 sudah ada ilmuan yang meneliti dan melakukan penelitian dan pembuatan mobil terbang ini. Seperti yang dikutip oleh wikipedia, bebeapa prototype mobil terbang ini.

Daftar Mobil Terbang Abad ke-19 

πŸ–️Convair Model 118

Convair Model 118 atau sering disebut The Hall Flying automobile. Convair Model 118 diterbangkan pada tahun 1947. Merupakan prototype pertama untuk mobil terbang yang dibuat untuk pelanggan yang mainsteam. Dibuat hanya 2 unit, untuk 1 crew dan 3 penumpang.

πŸ–️The Waterman Arrowbile the Smithsonia

Waterman Arrowbile di buat pada tahun 1930 di US. di buat hanya 5 unit, memiliki 2 bangku, 1 mesin tunggal tidak memiliki buntut. Waterman Arrowbile memiliki kecepatan maksimal 190 km/jam, kecepatan mendarat 72 km/jam, panjang 19 kaki 4 inci.

πŸ–️Jess Dixon's flying automobile c. 1940

Deskripsi dari Jess Dixon's flying automobile tidak banyak ditemukan pada pencarian di internet. Hanya ada gambar 1 orang yang mengemudikan mobil yang memiliki baling-baling. Mobil terbang ini dibuat di Andalusia, Alabama, Ia juga bisa terbang kedepan, kebelakang, keatas dan kebawah.

πŸ–️Moulton Taylor's Aerocar III

Moulton Taylor Aerocar atau serinf disebut Taylor Aerocar yang dibuat oleh Moulton Taylor di Longview,Washinton pada tahun 1949. Moulton Taylor Aerocar adalah sebuah pesawat beroda yang berasal dari Amerika. Dibuat hanya 6 unit, disertifikasi pada tahun 1956.

πŸ–️ AVE Mizar

AVE Mizar adalah pesawat beroda yang dibuat Advanced Vehicle Engineers sekitar tahun 1971 sampai 1973 di Los Angeles, California.

Lalu pada abad ke 20 ini banyak juga model yang dikembangkan dan tampilan yang sangat elegan. Dengan otomatisasi transportasi darat menjadi transportasi udara dengan beberapa menit saja. Ini daftar nama mobil terbang masa depan yang bisa jadi prototype mobil terbang yang lebih canggih di masa depan. Dan pasti merupakan solusi menghindari macet.

Daftar Mobil Terbang Abad ke-20

sumber: otoflix

1. Terrafugia

Merupakan perusahaan mobil terbang asal cina yang didirikan sejak tahun 2006. Terrafugia membuat pesawat beroda yang disebut Transition dan sebuah mobil terbang yang disebut TF-X. Proyek ini akan disempurnakan pada tahun 2022.

2. Airbus Pop.Up

Airbus Pop.Up adalah sebuah kendaraan elektronik yang terbang. Tetapi bisa bergerak pada darat dan udara. Ia pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018 di Geneva Motor Show. Ia memiliki 2 pintu dan memiliki 4 baling-baling besar diatas badannya.

3. SkyRunner

Skyrunner ini sudah bisa diorder dan bukan dalan prototype lagi. Ia bisa terbang sampai ketinggian 10.000 kaki dengan kecepatan jelajah 35 knot. Memiliki parasut yang bisa digunakan tentu dengan keamanan yang terjamin. Tetapi hanya pilot yang berlisensi khusus yang diizinkan mengendarainya. SkyRunner tidak membutuhkan bandara yang besar untuk terbang dan jalan yang cukup panjang untuk mendarat.

4. NeoXCraft



NeoXcraft merupakan mobil terbang yang memiliki baling-baling atau kipas di 4 sisinya, hampir mirip seperti desain drone. NeoXcraft dibuat pada tajun 2016 dan di sertifikasi pada tahun 2020. The Vehicle Redesign Company, Ltd (VRCO) merupakan perusahaan yang membuat mobil terbang ini. NeoXcraft bisa merupakan mobil terbang elektronik yang bisa mendarat di tanah maupun di air dan terbang (take off) dimanapun. Mobil terbabg ini menggunakan baterai yang dicas hanya dengan waktu 25 menit, sehingga sangat ramah dan hemat energi. Harganya saat ini 28,8 miliyar, memiliki kapasitas 2 penumpang dan dikemudikan tanpa pilot alias otomatis. NeoXcraft sendiri merupakan mobil terbang buatan inggris, United Kingdom digadng-gadang sebagai mobil tercepat dan termahal didunia.

5. AeroMobil

AeroMobil merupakan mobil tercanggih yang bisa terbang yang dibuat oleh perusahaan yang berasal dari Slovakia. Pertama kali diperkenalkan dalam bentuk konsep di tahun 2014. Dan akan menjadi mobil terbang pertama di dunia yang sudah di produksi. Ia mempunyai mesin hybrid dan sayap yang bisa dilipat ke belakang. Selain itu mobil AeroMobil ini juga mempunyai 4 roda. Buat yang ingin membeli mobil yang bisa terbang ini maka bisa melakukan pemesanan sekarang dengan harga Rp 22 Miliar dan akan dikirimkan pada tahun 2020.

6. Pal-V Liberty

Pal-V Liberty merupakan salah satu mobil yang dapat terbang yang sudah ditawarkan pada tahun lalu. Mobil ini bisa berubah menjadi mobil terbang hanya dalam waktu 10 menit saja. Ia dapat melaju dengan kecepatan 161 km per jam di darat dan memiliki 2 kursi. Untuk harga mobil terbang ini ditaksir sampai Rp 8,5 miliar lebih murah jika dibandingkan dengan Aeromobil.

7. The Flyer

Proyek mobil terbang yang bernama The Flyer didanai oleh Larry Page dan kini sudah dalam bentuk prototipe. Mobil masa depan ini di buat oleh perusahaan startup yang bernama Kitty Hawk. Dalam pengujiannya, The Flyer bisa berjalan dengan kecepatan sampai 32 km per jam. Dan bisa mengambang di udara kurang lebih di ketinggian 3 meter.

8. Cormorant

Mobil canggih ini dibuat oleh negara Israel dan kini Cormorant sudah memasuki dalam tahap penyempurnaan. Cormorant diklaim mampu membawa beban 500 kg dan bisa melaju dengan kecepatan 185 km per jam. Pemerintah Israel setidaknya mengeluarkan dana sampai Rp 188 miliar lebih untuk mengembangkan mobil Cormorant tersebut.

9. Toyota Skydrive

Toyota Skydrive diklaim menjadi mobil terbang terkecil di dunia yang dapat melaju dengan kecepatan terbang 100 km per jam. Dan bisa terbang sampai ketinggian 10 meter diatas permukaan. Toyota Skydrive mempunyai panjang 2,9 meter dan lebar hanya 1,3 meter saja.

10. Vahana

Vahana adalah mobil terbang yang dibuat oleh Airbus dan sudah sukses diterbangkan. Nakun sayangnya mobil ini hanya bisa mengangkut 1 orang saja. Ia memiliki ukuran lebar 6,2 m, panjang 5,7 m dan tinggi 2,8 m. Diharapkan mobil terbang ini bisa mulai digunakan pada tahun 2020.

11. DeLorean

Mobil terbang yang masih dalam bentuk konsep ini bernama DeLorean. Yang dibuat oleh perusahaan DeLorean Aerospace. Ia di rancang untuk bisa dinaiki oleh 2 orang dan bisa menempuh jarak sampai 193 kilometer. Untuk ukurannya sendiri ia memiliki panjang 6 meter, lebar sayap 5,6 meter. Sayapnya tersebut bisa dilipat ke dalam garasi agar lebih terlihat kecil.

12. Zee Aero

Selain The Flyer yang dibuat oleh perusahaan startup Kitty Hawk. Larry Page juga secara diam-diam memodali perusahaan startup lainnya yang bernama Zee Aero untuk membuat sebuah mobil terbang. Sampai saat ini mobil terbang Zee Aero masih dalam tahap pengujian dan purwarupa. Dan direncanakan akan di uji di sebuah pangkalan udara yang tidak jauh dari markas Google yang berada di Mountain View.

13. Uber Flying Car

Mobil terbang yang dibuat oleh perusahaan Uber ini sebelumnya sudah dipamerkan di gelaran Consumer Electronic Show 2018. Uber bekerjasama dengan perusahaan Bell Helicopter agar bisa mengembangkan mobil terbangnya tersebut. Tidak hany memiliki tampilan mirip mobil, Uber Flying Car juga memiliki tampilan seperti sebuah helikopter. Ada kemungkinan Uber Flying Car bisa beroperasi pada tahun 2020.

14. Switchblade

Switchblade yang dibuat oleh perusahaan Samson Motors ini menjadi mobil terbang yang sudah bisa dipesan dan menjadi mobil tebang termurah karena flikermania cukup membayarnya dengan harga Rp 1,6 miliar. Mobil terbang tersebut bisa meraih kecepatan di udara sampai 321 kpj. Ia dibekali dengan mesin V4 berkapasitas 1,6 liter liquid cooled. Untuk panjangnya sendiri 8,2 meter dan berat maksimal 794 kg.

Walaupun sudah bisa diterbangkan dan mendarat dengan baik. Ilmuan masih menetapkan sebagian mobil-mobil terbang ini merupakan prototype yang sangat bisa dikembangkan lagi. Sehingga bisa menjadi transportasi publik yang bisa diproduksi dan digunakan dalam skala banyak. Bila demikian, mungkin akan ada peraturan lalu lintas di udara. Eh kok jadi kesana ya? 😁

Bagaimana menurut kamu? Apakah ada fitur lain yang akan dikembangkan lagi untuk mobil masa depan. Atau terinspirasi ingin membeli salah satu dari daftar mobil terbang diatas. πŸ˜€

9 komentar:

  1. Wuih. Aku membayangkan nonton film yang bercerita tentang masa depan. Dimana kendaraannya berupa mobil terbang. Kerenlah.

    BalasHapus
  2. Kira2 kapan yah diluncurkan mobil terbangnya, pastinya masih lama cz butuh jalut lalu lintas udara juga, banyak yang perlu dipersiapkan. Tapi beneran dech keren banget kalo ada mobil terbangπŸ˜ŠπŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya belum kepikiran sampe situ juga saya. pokoknya bakal trend. tetapi harganya masih lumayan mahal.

      Hapus
  3. Keren kalau sudah digunakan secara luas. Setidaknya bisa mengurangi kemacetan

    BalasHapus
  4. Di Indonesia Belum pernah liat. Tapi seru juga kalau Ada disini..biar kemacetan gak numpuk di darat.hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. di udara klo macetnya kayak mna ya?😁

      Hapus
  5. Sudah banyak ya ternyata.. semoga penggunaannya bisa cepat meluas

    BalasHapus