Rabu, 22 September 2021

Cara Mendapatkan Surat Vaksin CoVid-19

Pendahuluan

Pada jaman now, pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya melaksanakan vaksinasi baik di kota maupun di desa. Maksudnya untuk menekan penyebaran dan mengurangi resiko virus bila terpapar.

Ya, iya yang sering kita dengar yakni vaksin copid eh covid maksud saya. Setelah kita mendapatkan vaksin maka kita akan mendapatkan bukti dari tempat pelaksanaan vaksin tersebut. Tetapi kita juga bisa mendapatkan sertifikat dari kementrian kesehatan indonesia.

Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin

Hal yang perlu disiapkan yakni

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Surat Vaksinasi Dari Fasilitas Kesehatan Terkait

Cara mendapatkanya, yakni dengan 3 cara

1.Website

Kamu bisa mengunjungi website pedulilindungi. Disana kamu akan melihat bagian paling atas dari halaman website itu. Yakni mendapatkan sertifikat vaksin.

Lalu kamu harus memilih dengan apa kamu akan masuk. Untuk masuk dan mendapatkan sertifikat vaksin kamu hanya perlu memasukan email atau nomer telepon yang didaftarkan ketika mendaftar untuk proses vaksinasi. Lalucentang kotak nya lalu ikuti instruksi capctha selanjutnya bila sudah maka kamu tinggal menekan masuk.

website pedulilindungi
Mendapatkan sertifikat vaksin via website

Setelah itu maka kamu akan diberi petunjuk untuk memverifikasi email atau nomer telepon yang kamu gunakan. Lalu masukan kode atau klik link yang diberikan. Maka kamu akan mendapatkanya.

Gambar3

2. Applikasi PeduliLindungi

Cara yang kedua yakni dengan menggunakan applikasi pedulilindungi yang bisa kamu unduh secara gratis pada playstore atau appstore. Untuk mendapatkanya kamu perlu masuk dengan menggunakan nama dan nik sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau nomer telepon atau email yang pernah didaftarkan. Setelah itu kamu bisa melihat banyak fitur yang tersedia. Untuk mendapatkan sertifikat vaksin kamu tinggal pilih sertifikat yang ada pada menu utama atau pada akun kamu. Bila sudah maka akan tampil sertifikat kamu. Mudah bukan.

applikasi pedulilindungi

3. Whatsapp

Cara ini merupakan cara terakhir dan paling ampuh bila sertifikat kamu belum ada pada applikasi dan website pedulilindungi. Kamu tinggal mengirim whatsapp atau pesan pada nomer +62 811-1050-0567 yang merupakan nomer resmi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Nantinya kamu akan diberikan pertanyaan tentang layanan yang akan digunakan. Seperti ini

nomer whatsapp kementrian kesehatan indonesia
mendapatkan sertifikat vaksin via whatsapp

Bila data yang diminta benar dan valid tidak mengada-ngada berdasarkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan bukti atau sertifikat sementara yang diberikan oleh fasilitas kesshatan yang terkait. Maka kamu akan dikirimkan foto sertifikat vaksin kamu.

Walaupun ini chatbot, ini mudah untuk digunakan.

Terimakasih telah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya. Jangan lupa ProKes tidak boleh kendor Virus Colorna masih ada. Eh Corona. BiarGakTegangSaja hehe.

3 komentar:

  1. lengkapp, cocok banget buat saya yang susudah vaksin

    BalasHapus
  2. Semoga dengan membaca artikel ini smua ornag Indonesia mengerti dan benar2 menjaga dirinya masing2. Gak susah dibilangi dan seenaknya sendiri. Agar pandeminya bisa berakhiršŸ‘

    BalasHapus