Minggu, 29 Januari 2023

Mengatasi Virus Pada Komputer Dan Gadget

Komputermu terserang virus? Atau smartphonemu terkena virus? Ehmmm.... Gimana caranya agar viruus itu hilang dari komputer dan smartphone yah? Hal pertama yang harus dilakukan yakni rileks, ambil minuman favoritmu dan baca artikel ini! Karena saya akan memberikan jawabannya.

Pengertian Virus

Virus adalah suatu program komputer yang bisa membuat banyak dirinya sendiri dan / atau merusak file lainya dan membuat hal-hal yang tidak disukai bahkan mengancam bagi. Hal yang tidak disukai yang sering dibuat si virus ini yakni membunyikan suara seperti beep pada komputer atau membuat pesan yang mengancam, yang intinya mesti memberikan sejumlah uang agar data dan informasi yang telah dicuri akan dijual belikan di black market.

Wow.... Sungguh super stressing kan, apalagi jika data dan informasi yang ada merupakan hal-hal yang sensitif. Panik kan? Jangan panik mending kita piknik! Eh maksud saya, mending lanjutin bacanya.

Cara mengetahui bahwa komputer atau handphone kamu terken virus kamu bisa mengecek beberapa ciri perangkat elektronik yang sudah terkena virus

A. Menjalankan applikasi dengan sendirinya

B. Muncul jendela pop-up sangat banyak

C. Performa yang semakin lambat

D. Akunmu keluar dengan sendirinya

E. Perangkat yang cepat rusak

Macam-macam Virus

Berikut ini merupakan macam-macam jenis virus berdasarkan cara penyebaran, cara kerja dan tempat virus itu:

1. Boot Sector Virus

Virus ini berada pada sektor boot baik pada floopy boot atau master boot record (MBR). Virus ini menulis ulang dirinya dari partisi satu ke yang lainya. Virus ini menginfeksi partisi system yang digunakan untuk proses startup.

2. Direct Action Virus

Sebuah virus yang dipasang atau dibuat langsung untuk dieksekusi oleh korban. Virus ini akan langsung hilang dan berjalan di memory dan ini juga sering disebut Non-Resident Virus. Biasanya penyerang memberikanya dalam bentuk file biasa.

3. Resident Virus

Virus ini berjalan dan bersembunyi pada memory sehingga virus ini bisa dengan mudah menginfeksi file yang lainya yang dijalankan atau dibuka ketika virus ini terinfeksi. Virus ini sulit dihapus karena berada pada memory.

4. Multipartite Virus

Virus jenis ini berada pada bagian boot dan juga file yang bisa dieksekusi, bila terinfeksi virus ini kemungkinan besar kamu sedang terkena kejahatan cyber.

5. Overwrite Virus

Virus satu ini cukup berbahya karena bisa menggantikan program laiin dengan program yang jahat, bahkan program sistem komputernya juga bisa ia ganti dengan programnya. Ini bisa beresiko merusak sistem dan membuat startup gagal.

6. Polymorphic Virus

Virus ini disebar melalui website yang terinfeksi atau spam, virus ini sangat rumit dan sulit untuk dideteksi. Mereka akan membuat programnya sendiri, menginfeksi dan merusak kode aslinya.

7. File Infector Virus

Virus ini berbentuk file yang telah diinfeksi virus. Setelah virus ini berada padakomputer atau handphone korban akan menyebar merusak executable file lainya.

8. Spacefiller Virus / Cavity Virus

Virus ini tidak memiliki ukuran dan filenya sendiri kosong, sehingga virus ini susah untuk dikenalidan juga diketahui karenanya.

9. Macro Virus

Virus yang dibuat melalui bahsa makro yang sering digunakan pada file word. Biasanya virus ini disebar melalui email dimana sumber virusnya itu sendiri berasal.

Pencegahan Virus

Seperti kata pepatah “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Dibawah ini merupakan langkah-langkah pencegahan virus, agar komputer atau smartphonemu idak terkena virus:

1. Tidak Menginstall Software Sembarangan

2. Tidak Mengunduh file atau gambar atau musik atau film bajakan

3. Menggunakan jaringan yang aman

4. Gunakan jendela samaran untuk transaksi online

5. Jangan mudah tertipu pada iklan yang memancing klikan (clickbait)

6. Gunakan Anti-Virus

Menghapus Virus

Menghapus virus yang telah menginfeksi smartphone atau laptop bisa menggunakan 2 langkah

1. Memasang AntiVirus

2. Memasang ulang Sistem Komputermu atau mereset Ulang Smartphone atau Handphonemu

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar