Sabtu, 14 Januari 2023

Fakta Menarik Wifi yang Wajib Diketahui

Wifi merupakan suatu jaringan yang bekerja menggunakan gelombang radio untuk dapat melakukan proses transfer data pada jarak yang pendek. Wifi dimanfaatkan untuk menunjang internet pada suatu perangkat, tidak hanya peran itu saja berikut ini beberapa fakta menarik wifi yang perlu diketahui. 

Sejarah Wifi

Penemuan Wifi pertama kali diumumkan pada tahun 1997, dimana pembuatan Wifi sebetulnya mengacu pada beberapa standar untuk bisa menentukan komunikasi pada daerah yang tidak luas atau jaringan area local nirkabel yang biasa disingkat dengan WLAN.

Hal tersebut kemudian berlanjut pada proses selanjutnya yaitu pembuatan spesifikasi dasar untuk sistem dari Wifi itu sendiri. Spesifikasi dasar yang dibuat ini memungkinkan transfer data dengan kecepatan 2Mbps. Baru pada tahun 1999 penggunaan Wifi telah dikenal dan digunakan pada beberapa rumah.

Nama Asli Wifi

Fakta menarik Wifi berikutnya adalah nama asli dari Wifi yang sebenarnya bukanlah seperti nama yang dikenal saat ini. Sebetulnya nama asli dari Wifi adalah IEEE 802.11 yang merupakan standar local area network atau disingkat (LAN) nirkabel.

IEEE sendiri adalah singkatan dari Institute of Electrical and Electronics Engineering yang mengembangkan wifi. Karena nama IEEE 802.11 sangat susah diingat maka pada tahun 1999 dengan bantuan sebuah perusahaan konsultan penyedia merek dipasarkanlah teknologi itu dengan nama Wifi.

Istilah Wifi di era digital sekarang lebih dikenal sebagai singkatan dari “Wireless Fidelity”. Padahal faktanya itu bukanlah singkatan dari Wifi, karena pada dasarnya Wifi dibuat dengan nama Wi-Fi dengan adanya tanda hubung di antara dua suku kata.

Rentan Terhadap Gangguan

Kekuatan sinyal yang menurun adalah pengalaman menyebalkan yang tentunya pernah dirasakan sebagian orang pada saat menggunakan Wifi. Hal ini disebabkan oleh salah satu fakta menarik Wifi dimana teknologi pemancar jaringan internet ini sangatlah rentan terhadap berbagai gangguan.

Gangguan yang menyebabkan penurunan sinyal atau buffering pada Wifi sangatlah beragam, mulai dari benda yang terbuat dari logam atau benda elektronik seperti TV, ponsel bahkan akuarium sekalipun. Selain itu meletakkan router wifi pada ruang yang tidak tepat juga dapat mengakibatkan buffering.

Negara dengan Wifi Tercepat

Fakta menarik Wifi selanjutnya adalah adanya negara dengan kecepatan jaringan Wifi yang super cepat. Negara tersebut adalah Liechtenstein, negara ini menjadi negara dengan kecepatan wifi tercepat di dunia pada tahun 2021.

Kecepatan Wifi di negara ini sangatlah kencang, tercatat bahwa kecepatan rata-rata Wifi di negara tersebut adalah 229,98 Mbps. Penjelasan mudahnya dengan kecepatan Wifi secepat itu pengguna dapat mendownload film dengan ukuran 5 gigabyte hanya dalam kurun waktu sekitar tiga menit.

Perangkat Wifi di Dunia.

Selain keberadaan Wifi tercepat yang ada di Negara Liechtenstein, fakta menarik Wifi yang terakhir adalah ada sekitar 10 miliar perangkat Wifi di dunia. Hal ini merupakan sebuah asumsi yang diprediksi akan terjadi pada akhir tahun 2019.

Namun hal tersebut dapat melebihi prediksi awal mengingat sekarang ini sangatlah banyak permintaan pasar akan pemasangan dan penggunaan wifi itu sendiri. Ini bisa dilihat pada rumah-rumah dimana setiap rumah telah dibekali dengan wifi.

Demikianlah beberapa fakta menarik Wifi yang perlu diketahui. Selain digunakan sebagai jaringan internet untuk bisa menunjang berbagai keperluan sehari-hari, ternyata keberadaan wifi juga penuh dengan fakta menarik mulai dari awal mula ditemukan hingga saat ini memiliki banyak pengguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar