Sabtu, 11 Maret 2023

Cara Mudah Memasang Set Top Box

Di Indonesia, Sudah digalangkan penyiaran tv secara digital oleh pemerintah. Ini bertujuan agar masyarakat dapat mengkonsumsi tayangan televisi dengan lebih baik. Hal ini menjadi permasalahan tersendiri bagi masyarakat yang menggunakan tv analog.

set top box apple siaran tv digital

Siaran tv analog sendiri akan dihentikan oleh pemerintah. Sehingga masyarakat yang tidak memiliki tv digital tidak bisa mendapatkan siaran tv. Bahkan di suatu daerah ada seorang anak yang menangis karena tvnya tidak bisa menayangkan siaran apapun.

Pemerintah membagikan Set Top Box gratis kepada masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk siaran tv digital bisa dijangkau masyarakat. Sayangnya pembagian Set Top Box ini tidak diberikan kepada semua masya rakat akan tetapi sebagian masyarakat saja.

Memilih Set Top Box yang cocok untuk tv analog yakni jenis Set Top Box DVB-T2 yang bisa digunakan dengan antena biasa. Berikut ini merupakan daftar dari jenis-jenis Set Top Box:

Jenis-jenis Set Top Box

Set Top Box DVB-Cable

Set Top Box ini didapatkan dari penyedia jaringan internet.

Set Top Box DVB-Satelite

Perangkat ini digunakan untuk menangkap jaringan dari satelit. Biasanya set top box jenis ini digunakan untuk siaran parabola.

Set Top Box DVB-IPTV

Set Top Box DVB-IPTV digunakan pada tv yang bisa menanggunakan jaringan wifi. Set Top Box ini juga sering disebut Set Top Box Wifi.

Set Top Box TV BOX

Set Top Box ini biasanya sudah dipasang didalam tv digital. Sehingga tidak perlu membeli Set Top Box lagi, tinggal ubah pengaturanya saja. Bahkan di dalamnya sendiri sudah ada sistem operasi android.

Set Top Box DVB-T2

Set Top Box jenis ini yang pemerintah bagikan gratis. Set Top Box DVB-T2 ini bisa digunakan pada tv tabung atau tv lama dan juga tv baru.

Set Top Box Apple

Pemasangan Set Top Box

Cara memasang set top box cukuplah mudah. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Siapkan dulu alat-alatnya yakni tv, Set Top Box dan remote
  2. Sambungkanlah kabel antena ke Set Top Box
  3. Hubungkan kabel AV dari Set Top Box ke tv
  4. Hidupkan tv
  5. Ganti pengaturan masukan ke AV
  6. Kemudian akan muncul tampilan dari booting Set Top Box nya
  7. Pergi ke menu pengaturan -> Cari saluran otomatis dengan remote Set Top Box
  8. Tunggu sampai selesai
  9. Nikmatilah Tayangan tv digital

Demikian langkah mudah memasang Set Top Box untuk TV kesayanganmu. Untuk di perhatikan sebelum memasang Set Top Box sesuaikanlah dengan TV kamu dan juga kabelnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar