Sabtu, 18 Maret 2023

Apa itu Mikrokontroler Arduino, Fungsi, Jenis dan Fiturnya

Mikrokontroler Arduino adalah salah satu perangkat mikrokontroler yang populer digunakan saat ini. Peralatan canggih ini dapat digunakan pada berbagai keperluan dalam dunia digital maupun pada sistem elektronik yang akan dibuat.

Peralatan canggih ini sangatlah vital perannya bila dipakai dalam satu sistem. Umumnya alat ini dapat berperan sebagai otak sistem, mengapa demikian? Simak penjelasan mengenai mikrokontroler arduino berikut ini mulai dari apa itu arduino, fungsinya dan fitur pendukung pada arduino.

microcontroller

image from pixabay

Apa itu Mikrokontroler Arduino

Arduino adalah suatu mikrokontroler yang bersifat open source dan tergolong sebagai mikrokontroler single board. Perangkat cerdas ini menggunakan mikrokontroller ATMega sebagai IC dan menggunakan satu aplikasi yang bernama Arduino IDE untuk mengontrol alat tersebut.

Bahasa pemrograman yang digunakan pada arduino  adalah bahasa khusus yang hampir-hampir mirip dengan bahasa pemrograman C. Alat ini dapat dikontrol melalui komputer maupun handphone dengan menggunakan kabel USB sebagai penghubung.

Jenis Arduino dan Fungsinya

Mikrokontroler arduino memiliki beberapa jenis dan tiap jenis mempunyai fungsi yang berbeda-beda antara satu dan lainnya. Berikut ini merupakan beberapa jenis mikrokontroler arduino dan fungsinya masing-masing.

1.         Arduino Uno

Arduino Uno menjadi jenis mikrokontroler arduino pertama dan menjadi jenis dengan penggunaan terbanyak dalam berbagai project. Selain itu jenis arduino pertama ini juga sangat disarankan bagi pemula karena referensi arduino jenis ini dapat ditemukan dengan mudah di internet.

Arduino jenis ini menggunakan mikrokontroller ATMega328. Arduino Uno dapat dihubungkan secara langsung ke komputer atau handphone dengan menggunakan kabel USB. Arduino Uno banyak digunakan dalam project-project pendidikan di perkuliahan.

2.         Arduino Mega

Jenis Kedua adalah Arduino Mega, mikrokontroler jenis ini  memiliki fitur lebih kompleks bila dibandingkan dengan Arduino Uno. Arduino Mega menggunakan mikrokontroler ATMega2560. Jenis arduino ini banyak digunakan dalam project atau sistem yang kompleks karena banyaknya fitur pendukung.

3.         Arduino Nano

Mikrokontroler arduino selanjutnya adalah Arduino Nano. Sesuai dengan namanya jenis ini berukuran nano atau kecil dan terbilang sederhana bila dibandingkan dengan jenis-jenis lainnya. Arduino jenis ini dilengkapi dengan 14 pin input atau output digital dan 8 pin input analog.

Arduino Nano menggunakan mikrokontroler yang berbeda-beda, namun penggunaan yang dominan pada arduino jenis ini adalah menggunakan mikrokontroler ATMega168 dan ATMega328.

4.         Arduino Micro

Arduino jenis ini mempunyai bentuk yang hampir sama dengan Arduino Nano, namun jenis in lebih panjang dari Arduino Nano. Arduino Micro mempunyai 20 pin input atau output digital dan 12 pin analog yang siap digunakan pada berbagai sistem.

5.         Arduino Robot

Jenis mikrokontroler arduino yang terakhir adalah Arduino Robot yang memiliki bentuk fisik sama seperti robot. Jenis ini sudah dilengkapi dengan speaker, roda, LCD dan sensor infrared. Sesuai namanya arduino jenis ini memang diproyeksikan untuk keperluan robotik.

Fitur Arduino

Mikrokontroler arduino mempunyai beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan dalam proses penggunaannya. Mengambil referensi Arduino Uno sebagai patokan, jenis mikrokontroler ini mempunyai 14 pin input output digital dan 6 diantara pin tersebut bisa dimanfaatkan sebagai pin PWM.

Arduino Uno juga mempunyai 6 pin input analog yang bisa digunakan untuk perangkat dengan sinyal analog. Tidak berhenti sampai disitu ternyata Arduino juga mempunyai beberapa pin lain mulai dari pin VCC, IOREF, AREF, SCL, SCA dan satu pin reset.

Itulah beberapa penjelasan mengenai mikrokontroler arduino yang banyak difungsikan sebagai perangkat cerdas untuk mengendalikan suatu sistem. Perangkat ini mempunyai banyak jenis dan setiap jenis mempunyai fungsi yang berbeda-beda bila dibandingkan dengan jenis yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar