Sabtu, 25 Maret 2023

6 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Laptop Terbaik

Aplikasi perekam layar laptop menjadi salah satu kebutuhan bagi pengguna komputer, baik itu Personal komputer (PC) maupun laptop. Bagaimana tidak perekam layar sangat diperlukan untuk berbagai hal seperti kebutuhan untuk video content bahkan hingga kebutuhan akan pendidikan.

perekam layar

image from pixabay

Untuk dapat merekam layar pada komputer terdapat banyak aplikasi perekam layar yang bisa digunakan. Namun berikut ini merupakan 6 rekomendasi aplikasi perekam layar laptop terbaik yang bisa dicoba.

1. Video Proc

Aplikasi pertama yang dapat dicoba untuk merekam layar pada komputer atau laptop adalah Video Proc. Aplikasi ini hadir dengan satu kelebihan dimana pada saat merekam tidak ada patokan seberapa lama pengguna dapat merekam.

Video Proc yang hadir dengan perekaman tanpa batas waktu ini dapat memudahkan pengguna untuk merekam berbagai kegiatan. Aplikasi perekam layar laptop ini cocok digunakan untuk merekam pembahasan pada saat rapat, streaming, membuat video tutorial dan keperluan lainnya.

2. Free Cam

Free Cam adalah perangkat lunak kedua yang bisa dijadikan pilihan untuk merekam berbagai keperluan di  laptop. Tampilan yang ditawarkan oleh aplikasi ini sangat menarik dan unik serta penggunaan aplikasi juga sangat mudah dijalankan.

Aplikasi ini dapat dijalankan dengan gratis dan bebas watermark serta tidak ada iklan. Pengguna tidak hanya menggunakan aplikasi ini sebagai perekam layar, aplikasi satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk merekam audio. Video hasil rekaman dari aplikasi ini akan disimpan dalam bentuk WMV.

3. EaseUS RecExperts

EaseUS RecExperts adalah aplikasi berikutnya dalam daftar aplikasi perekam layar laptop. Aplikasi satu ini menjadi salah satu aplikasi perekam rapat terbanyak digunakan saat ini. Terdapat beberapa fitur yang disediakan oleh aplikasi ini mulai dari fitur rekam layar, boost audio, menggambar saat perekaman berlangsung dan fitur menarik lainnya.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, tidak ada batas waktu dalam merekam dan tidak ada watermark pada hasil rekaman. EaseUS RecExperts juga menyediakan sebanyak 10 format penyimpanan video. Namun kekurangan dari aplikasi ini adalah pengguna harus membayar untuk menikmati fitur penuh.

4.  Screenpresso

Screenpresso adalah aplikasiperekam layar laptop berikutnya yang bisa digunakan dalam dua kategori, kategori berbayar dan kategori gratis. Aplikasi ini dapat digunakan untuk merekam layar dan juga melakukan share atau membagikan hasil rekaman ke media sosial.

Kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah video dari hasil perekaman tidak ada watermark baik untuk kategori gratis maupun kategori berbayar. Dibalik kelebihan aplikasi satu ini juga mempunyai kekurangan yaitu versi gratis tidak mempunyai fitur yang lengkap.

5. HitPaw Screen Recorder

Aplikasi ini juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk merekam layar laptop. Bagaimana tidak HitPaw Sreen Recorder dapat memenuhi berbagai kebutuhan seperti live meeting, streaming, presentasi dan kebutuhan lainnya.

Kelebihan yang disajikan oleh aplikasi satu ini adalah pengguna dapat mengatur resolusi rekaman layar yang akan direkam. Kelemahannya versi gratis dari aplikasi ini memiliki watermark.

6. iMyFone Filme Video Editor

Aplikasi perekam layar laptop terakhir adalah iMyFone Filme Video Editor. Aplikasi ini memiliki kelebihan dimana pengguna dapat merekam layar dan selanjutnya menentukan bagian mana yang akan dikonversi menjadi video.

Itulah beberapa pilihan aplikasiperekam layar laptop yang bisa dicoba untuk merekam layar laptop atau komputer yang digunakan. Ada banyak pilihan aplikasi dengan keunggulan dan kelemahan nya tersendiri, silahkan pilih opsi terbaik sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar