Jumat, 31 Maret 2023

Cara Mudah Mengatasi HP Android Lemot Agar Nyaman Ketika Digunakan

 Penggunaannya yang mudah dan praktis menjadi alasan banyak kalangan menggunakan perangkat cerdas android dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya mudah perangkat ini juga telah dibekali dengan koneksi jaringan yang memadai.

handphone
image from pixabay

Namun seketika permasalahan muncul ketika perangkat android mendadak lemot saat digunakan. Lantas bagaimana cara mengatasi HP android lemot agar bisa digunakan dengan nyaman dan cepat. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah HP android lemot.

1.         Mematikan Aplikasi Berjalan

Cara pertama yang dapat dicoba untuk mengatasi hp android lemot adalah dengan mematikan aplikasi berjalan. Jika hanya satu aplikasi berjalan mungkin tidak menjadi masalah berarti bagi perangkat, namun bila aplikasi yang berjalan di latar melebihi satu ada kemungkinan penyebab lemot adalah hal tersebut.

Oleh karena itu solusi yang cocok diterapkan pada keadaan ini adalah dengan mematikan aplikasi yang berjalan di latar. Hal ini juga menyebabkan sistem pengoperasian hp bekerja ekstra keras hingga kemudian menyebabkan perangkat menjadi lemot.

2.         Bersihkan Cache Aplikasi

Cara mudah kedua untuk bisa mengatasi HP android lemot adalah dengan membersihkan cache pada aplikasi. Ada baiknya saat membuka satu aplikasi dan aplikasi tersebut berjalan lambat maka opsi yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus cache dari aplikasi tersebut.

Untuk dapat membersihkan cache pengguna dapat dengan mudah melakukannya. Cukup buka menu pengaturan lalu pilih aplikasi dan hapus cache pada aplikasi yang dipilih sebelumnya.

3.         Hapus Aplikasi yang tidak Dipakai

Pilihan berikutnya yang juga bisa dijadikan solusi untuk mengatasi hp lambat adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak dipakai atau jarang dipakai. Hal ini dikarenakan aplikasi yang terbengkalai dan jarang digunakan juga memakan space pada penyimpanan.

4.         Optimalkan Memori Ponsel

Penyebab lain yang juga sangat sering dialami pada saat hp android lemot adalah karena keadaan memori penyimpanan yang hampir penuh atau bahkan sudah penuh. Bila masalah ini muncul pengguna dapat mengatasi hp android lemot dengan cara membersihkan memori penyimpanan pada ponsel.

Keberadaan foto, video, pesan suara, dokumen hingga hasil rekaman yang sudah terlampau banyak juga tidak bagus untuk performa perangkat. Oleh sebab itu selain membersihkan memori penyimpanan, pengguna juga dapat memilih foto, video atau jenis dokumen lain yang tidak terpakai untuk dihapus.

5.         Restart Ponsel

Melakukan restart ponsel adalah cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi hp android lemot. Bila tidak memungkinkan untuk melakukan langkah-langkah sebelumnya, maka opsi ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Faktanya cara ini juga dapat menghapus cache secara otomatis, dimana ketika ponsel menyala setelah di restart maka ponsel akan bekerja dengan optimal kembali  

6.         Setel Kembali ke Setelan Pabrik

Jika setelah di restart atau dihidupkan kembali perangkat masih tetap lemot maka melakukan penyetelan ke setelan awal atau setelan pabrik menjadi solusi pamungkas. Cara ini dinilai berhasil bila memang dilakukan.

Namun pengguna perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum melakukan penyetelan kembali ke setelan pabrik. Bagaimana tidak cara ini agak sedikit beresiko dimana bila pilihan ini dipilih maka data-data yang ada pada ponsel secara otomatis akan hilang.

Perlu diperhatikan ketika hendak melakukan penyetelan ke setelan pabrik pengguna bisa memindahkan data ke ponsel atau komputer agar data tidak hilang.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi hp android lemot. Semoga salah satu dari cara tersebut bisa bekerja dan membuat ponsel atau perangkat android bisa berjalan dengan lancar dan nyaman ketika digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar