Sabtu, 08 April 2023

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang pada Perangkat Android

 Permasalahan tidak bisa memasang aplikasi pada perangkat adalah problematika yang sering terjadi ketika aplikasi selesai di unduh. Gagalnya pemasangan aplikasi pada perangkat android bisa saja disebabkan oleh banyak hal.

Photo dari Pixabay
Namun tidak perlu khawatir karena berikut ini merupakan cara-cara yang bisa dicoba untuk mengatasi aplikasi tidak terpasangmengatasi aplikasi tidak terpasang pada perangkat android.

1. Bersihkan Ruang Penyimpanan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi aplikasi tidak terpasang pada perangkat android adalah dengan membersihkan memori ponsel. Hal ini dikarenakan gagalnya pemasangan aplikasi setelah di download bisa saja disebabkan karena memori ponsel sudah tidak sanggup lagi menampung ukuran file yang akan dipasang.

Biasanya jika ruang penyimpanan di perangkat masih tersisa aplikasi yang sudah di install langsung dengan mudah terpasang karena masih ada space untuk aplikasi tersebut.

2. Reset Preferensi Aplikasi

Melakukan reset preferensi aplikasi adalah solusi kedua yang bisa dicoba untuk mengatasi aplikasi tidak terpasang setelah di install. Lalu bagaimana melakukan reset preferensi?.

Langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah dengan membuka aplikasi pada pengaturan di perangkat android. Selanjutnya pilih “Aplikasi” lalu pilih kelola aplikasi dan lakukan reset preferensi aplikasi. Setelah ini dilakukan langkah berikutnya adalah menginstal dan mencoba memasang ulang aplikasi tersebut.

3. Mematikan Google Play Protect

Cara berikutnya yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi aplikasi tidak terpasang pada android adalah dengan mematikan Google Play Protect. Hal ini perlu dilakukan karena perangkat akan memblokir beberapa aplikasi tertentu karena hal keamanan dengan menggunakan aplikasi Google Play Protect.

Untuk mematikan Google Play Protect pengguna dapat melakukannya dengan mudah. Langkah pertama adalah dengan membuka play store di perangkat, berikutnya ketuk tanda baris tiga () yang letaknya ada di kiri atas layar. Berikutnya cari Google Play Protect dan non aktifkan Google Play Protect tersebut.

Setelah melakukan cara ini pengguna bisa melakukan download ulang aplikasi dan mencoba memasang kembali aplikasi pada perangkat android.

4. Restart Perangkat Android

Cara berikutnya yang juga bisa dilakukan bila beberapa cara sebelumnya tidak bekerja adalah dengan melakukan restart pada perangkat android anda. Setelah melakukan restart pengguna dapat mengunduh ulang aplikasi yang hendak dipasang.

5. Install Aplikasi dengan Mode Pesawat

Bisa dibilang cara ini adalah cara tercepat mengatasi aplikasi tidak terpasang pada perangkat android setelah di download. Langkah-langkah untuk melakukan hal tersebut adalah dimulai dengan melakukan restart pada perangkat.

Setelah perangkat selesai di restart berikutnya nyalakan mode pesawat, setelah itu ketuk aplikasi dan install. Bila menemukan instruksi “Diblokir oleh Play Protect” maka pengguna tetap menekan “Tetap Instal”.

Setelah instruksi tersebut dilakukan aplikasi akan terinstal dan matikan mode pesawat. Cara ini terbukti bekerja pada beberapa pengguna yang mengalami masalah serupa.

6. Kembali ke Setelan Pabrik

Jurus pamungkas yang bisa dilakukan untuk mengatasi aplikasi tidak terpasang pada perangkat android adalah dengan melakukan penyetelan dasar pada perangkat. Penyetelan dasar yang dimaksud disini adalah menyetel perangkat ke setelan pabrik .

Cara ini sangat beresiko dengan hilang dan terhapusnya berbagai file maupun aplikasi yang sudah terpasang pada perangkat anda. Sebaiknya jika memang melakukan cara ini pindahkan terlebih dahulu file-file penting ke perangkat yang berbeda.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi aplikasi tidak terpasang pada perangkat android. Ada banyak cara yang ditawarkan silahkan dipahami dan lakukan dengan teliti serta dengan penuh pertimbangan agar aplikasi bisa terpasang dengan aman di perangkat android yang digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar