Rabu, 19 Mei 2021

Memasang Program C dan C++ di Termux Android

Termux merupakan terminal atau console atau command prompt emulator pada handphone. Cara menginstallnya mudah sekali tinggal install di google play akan tetapi developer termux sangat merekomendasikan untuk mendowload pada f-ndroid. Lalu kita bisa menjalankanya seperti applikasi biasa, yakni dengan mengklik icon yang ada pada handphone kita yang sudah terpasang Termux.

Proses Pemasangan (Install)Program C dan C++ di Termux

Dengan adanya Termux sebagai emulator tentunya kita bisa menggunakannya seperti menjalankan program C dan C++ yang merupakan bahasa komputer yang menjadikan dasar dari semua program komputer. Cara menginstalnya cukup mudah dengan mengetik perintah apt-get install clang atau bisa juga pkg install clang lalu klik enter.Bila ada peringatan akan mendownload dan menginstall paket maka ketik y lalu enter.Sebelumnya pastikan juga handphone kita memiliki koneksi ke internet.

Cara mengecek pemasangan kita sudah benar, yakni kita bisa mengetik perintah gcc -v dan (atau) g++ -v bila kita melihat pesan seperti digambar ini maka pemasangan yang kita buat sudah benar.


Perintah tadi bisa juga untuk mengecek versi gcc dan g++ juga mengetahui ada dimana direktory paket gcc dan g++.

Menjalankan Program C dan C++ di Termux

Sebelum menjalankanya program C atau C++ kita harus mengkompilenya dengan menggunakan perintah gcc new.c untuk program C sedangkan untuk program C++ yakni dengan g++ new.cpp bila kode program benar maka akan tercipta file a.out pada direktory yang sama dengan new.c atau new.cpp. Lalu jalankan program yang telah kita kompile dengan perintah ./a.out. Jika berhasil maka program kita akan berjalan dengan sendirinya. bagaimana mudah bukan?Ini bisa digunakan ketika kita sedang jauh dari komputer atau laptop kita tetapi kita harus mengerjakan tugas program c atau c++.


Catatan :Jika kita ingin menjalankannya maka kita harus ada di direktory termux.

Menghapus Program C dan C++ di Termux

Cara menghapusnya yakni dengan menggunakan perintah apt-get uninstall clang atau pkg uninstall clang lalu enter.

Saya sering menggunakanya ketika membiat applikasi C dan C++ di kamar sambil rebahan. Karena lebih enak ketimbang memakai laptop atau komputer yang harus duduk karena saya sudah duduk didepan komputer cukup lama dan menginginkan program itu cepat selesai.

10 komentar:

  1. Aku nggak paham mengenai bahasa pemrograman. Rasanya sulit sekali mempelajarinya. Hehehe...

    Program C dan C++ ini akan bermanfaat untuk apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahasa C & C++ emang bahasa low level jadi agak susah dimengerti.

      Hapus
    2. Buat software bisa juga dari c.

      Hapus
    3. Bukan berarti bahasa pemrograman yang di sebut terkuat atau tertinggi susah di pelajari justru itu yang paling mudah kalau bahasa pemrograman yang lemah adalah yang agak susa di mengerti contoh bahasa pemrograman terkuat yaitu python itu adalah bahasa yang sangat sederhana dan mudah di pelajari khusus pemula

      Hapus
    4. Menurut saya pribadi untuk dasar lebih baik low level. karena kalau sudah paham maka akan mudah mempelajari lanjutan serinya pada pemrogrman berbasis objek atau oop.

      Hapus
  2. Saya belajar termux otodidak..tetap GK ngerti2 haha

    BalasHapus
  3. Saran saya...pembahasan nya di buat lebih menarik dan ringan jadi mudah dipahami

    BalasHapus
  4. Wah perlu meluangkan waktu khusu buat praktekinnya nih

    BalasHapus
  5. Kagak paham guee, eh tp gara2 liat tutorial ini jd pengen belajar...

    BalasHapus