Minggu, 02 Mei 2021

Perkembangan Jaringan 5G

Belum semua daerah terdapat jaringan 4G. Tahun lalu sudah ada jaringan yang baru yakni jaringan 5G.Dimana Perbedaannya sangatlah jauh.Kapankah negara kita akan memilikinya? Tetapi ini hanya diimplementasikan ke dalam smartphone atau elektronik yang lebih canggih.

Yah daripada kita bingung kapan akan ada di negara kita lebih baikkita review dulu apa saja kelebihannya dan bagaimana kita menggunakanya.

Jaringan 5G sebenarnya sudah diimplementasikan di negara Amerika tepatnya UK ini bersumber dari sini. Pada tahun 2019 lalu di Verizone Amerika Serikat sebagian di China, Jepang, Australia dan Norwegia.

Jaringan 5G menggunakan Massive MIMO yang merupakan singkatan dari Multiple Input Multiple Output sehingga meningkatkan jangkauan, kapasitas, dan kecepatan jaringannya. Teknologi Massive MIMO sendiri menggunakan perangkat radio baru yang dipasang bersama dengan stasiun-stasiun jaringan 4G.

Jaringan 5G menjanjikan kecepatan 10 kali lebih dari 4G, pengunduha file dalam kecepatan tinggi,keamanan serta latensi yang lebih rendah. Jaringan 5G sendiri nantinya akan digunakan untuk keperluan mengontrol alat-alat dalam jangkauan sampai bermil-mil jaraknya atau untuk keperluan Internet of Thing(IoT) yang baru baru ini digunakan untuk keperluan medis untuk menangani Pandemi COVID19.

Pengaplikasiannya pernah dilakukan pada tambang Boliden Aitik di Swedia pada pemasangan jaringan kabel, sehingga memangkas biaya produksi sebesar 2.5 juta euro.

Dengan adanya jaringan generasi terbaru ini diharapkan juga akan ada penambahan area pekerjaan lainya sehingga dapat membantu pengurangan pengangguran menurut referensi yang saya baca.

Menurut Kominfo pembangunan jaringan ini mesti didukung oleh infrastruktur yang memadai. Kemudian baru membangunnya pada 13 kota yakni pada Ibu Kota Negara, 6 Kota yang ada di wilayah pulau jawa, 6 Kota destinasi wisata super prioritas dan 1 wilayah industri manufaktur.

Dengan melihat belum meratanya jaringan 4G maka jaringan 5G di ibukota sendiri direncanakan akan rapung pada tahun 2024. Dilansir dari halaman Kompas.

Bagaimana di daerah kalian sudah ada jaringan 4G? Kalau di saya sudah ada. Walaupun belum ada apapun jaringanya yang penting bisa digunakan untuk komunikasi. Sehingga kita tetap bisa melepas rindu walau hanya via telepon atau chat.

8 komentar:

  1. Alhamdulillah di daerah ku sekarang udah 4G

    BalasHapus
  2. Jd inget pertama kali meledaknya jaringan 4G... semua hp tanpa 4G jd ketinggalan zaman..

    BalasHapus
  3. Jaringan 4g atay 5g kalau sering ada gangguan sama aja haha apalagi pengguna kartu tri harus ekstra sabar

    BalasHapus
  4. 4g ajah cepet apalagi 5g ya.. lebih cepet kali ya

    BalasHapus
  5. Wah udah 5 G iya . Btw nggak sabar gunakan sinyal tsb

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah ada 4G tapi tak selancar di kota kak meskipun sama kartu internet nya tapi tetep full sinyal di kota

    BalasHapus