Rabu, 25 Agustus 2021

Memasang PhpMyAdmin Pada Android

Pendahuluan

Database merupakan jantung dari suatu sistem atau applikasi. Dimana tempat menyimpan data dan informasi baik berupa untuk umum ataupun pribadi (rahasia). Salah satu database yang sering digunakan yakni PhpMyAdmin. PhpMyAdmin biasanya sering digunakan oleh applikasi atau sistem yang berbasiskan website.

Apa itu PhpMyAdmin? PhpMyAdmin adalah sebuah piranti lunak gratis yang dikhususkan untuk menangani administrasi server database yang berbasis MySQL dan MariaDB. Kita juga bisa menggunakannya untuk keperluan penamabahan database, akun pengguna dan mrnjalankan kueri itu sendiri.

Pemasangan PhpMyAdmin

Untuk memasang PhpMyAdmin kamu harus terhubung dengan jaringan internet. Saya memiliki 2 cara untuk memasang PhpMyAdmin pada android.

Cara Pertama

Untuk memasang PhpMyAdmin sebenarnya sudah ada applikasi untuk langsung digunakan setelah diinstall yakni Web Server PHP/Myadmin/MySQL, AWebServer, KSWEB dan sebagainya.

Dengan cara pertama ini kita hanya perlu memasang satu applikasi dan semua sudah tersedia. Kekuranganya yakni semakin banyak applikasi yang ada semakin besar pula ukuran applikasi tersebut. Maka saya menyarankan untuk menggunakan cara kedua bila ingin effisien dalam penyimpanan handphone anda. Sehingga dapat digunakan untuk keperluan applikasi yang lainya.

Cara Kedua

Memaksimalkan applikasi Termux, kita hanya perlu memasang program PHP di android dan MariaDB sebelum pemasangan PhpMyAdmin di android. Karena termux merupakan terminal emulator yang bisa digunakan untuk menginstall paket applikasi seperti dalam keluarga unix. Cara ini bisa digunakan tanpa melakukan rooting pada handphone anda. Untuk pemasangan program PHP di android silahkan klik disini dan MariaDB disini.

Bila PHP dan MariaDB sudah terinstall unduhlah PhpMyAdmin disini. Bila sudah ekstraklah file yang PhpMyAdmin tadi lalu rubah nama file "config.sample.inc.php" menjadi "config.inc.php" lalu rubahlah beberapa settingan dengan merubah isi dari file "config.inc.php" menjadi seperti ini.

phpmyadmin pada android

Kemudian jalankan server kamu dengan menggunakan termux melalui perintah php -S localhost:8080. Jika semua langkah dilakukan dengan benar maka kamu tampilan browser kamu akan seperti ini.

memasang phpmyadmin di android

Untuk password dan username bisa menggunakan password dan username yang dibuat pada pemasangan MariaDB.

Lalu yang cara yang mana akan kamu gunakan? Cara satu atau dua atau kamu memiliki cara lainya. Selamat Anda sudah memiliki applikasi PhpMyAdmin di android anda dan Happy Coding!.

4 komentar: