Jumat, 10 Desember 2021

Pengenalan Bahasa C

Pengenalan Bahasa C

C dibuat oleh Dennis Ritchie dari Bell Labs pada tahun 1972. C adalah alat untuk bekerja para programmer, jadi tujuan utamanya ialah sebagai sebuah bahasa yang bermanfaat. C juga merupkan bahasa level rendah yang mendekati bahasa mesin tetapi masih mudah untuk dipelajari. C juga digunakan untuk semua operasi komputer baik berupa windows, unix, mac dan sebagainya untuk menulis program-program rumit dengan bahasa pemrograman level tinggi contohnya Python Enterpreter, Git, Oracle dan lainya.

Keunggulan Bahasa C

Berikut ini merupakan keunggulan dari penggunaan bahasa pemrograman C

  • Cepat
  • Code yang kecil tapi padat (banyak fungsinya)/program yang kecil
  • Struktur_struktur kontrol yang kuat
  • Bisa dijalankan di berbagai macam operasi sistem

Pemasangan Bahasa C

Untuk memakai bahasa C kita tentu membutuhkan sebuah compiler untuk mengkompile kode yang kita buat dan menjalankanya. Untuk kamu yang memakai sistem operasi windows kamu bisa menginstall Borland Turbo C atau MinGw atau yang lainya, bila kamu menggunakan Macintosh kamu bisa menginstall XCode dan bila kamu menggunakanSistem operasi Unix atau Linux kamu bisa menggunakan GCC. Atau kamu juga bisa menggunakan compiler yang online (hanya saja ini akan bisa digunakan ketika kamu memiliki koneksi ke jaringan internet).

Pembuatan Program Sederhana

Mari kita buat program sederhana yakni ‘hello world’. Sebelumnya siapkan dulu bahanya

Compiler

Code Editor

Setelah kamu memiliki keduanya. Buatlah sebuah file yang bernama hello.c lalu isi dengan kode berikut ini

#include <stdio.h>
int main()
{
printf("Hello dunia!.\n");
return 0;
}

program pertama bahasa c

Lalu simpan.

Penjelasan kodenya #include <stdio.h> merupakan header dan juga fungsi untuk menggenerasi stdio.h yang digunakan pada fungsi printf. Sedangkan int main() merupakan inti poin dari program sedangkan {} (kurung kurawa) merupakan penanda awal kode yang akan dieksekusi. Dan return 0; merupakan peryataan untuk mengakhiri program yang dieksekusi pada fungsi main().

Kemudian compile file tersebut dengan menggunakan perintah gcc hello.c pada terminal. Bila berhasil akan menghasilkan sebuah file yang bernama a.out. Nah, file a.out inilah yang kita akan eksekusi dengan menggunakan perintah ./a.out. Bila sudah selesai maka kamu akan melihat ini pada terminal kamu.

compile bahasa pemrograman c

File a.out bisa dijalankan dimanapun. Bahasa C sendiri merupakan bahasa yang lebih mudah dibandingkan bahasa assembler yang digunakan oleh mesin-mesin. Bahasa ini pula kita bisa membuat program untuk sebuah arduino yang biasa digunakan untuk membuat robot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar