Sabtu, 18 Februari 2023

Apa itu Artificial Intelligence dan Fakta Menarik (AI)

 Artificial Intelligence atau AI belakangan ini heboh melalui sebuah aplikasi bernama Lensa AI. Bagaimana tidak aplikasi edit foto tersebut dibekali dengan AI. Melalui aplikasi tersebut pengguna dapat melakukan proses editing dengan bantuan mesin AI.

Pada dasarnya Artificial Intelligence atau AI merupakan kecerdasan buatan yang disimulasikan oleh mesin melalui program yang telah dibuat agar dapat bertindak layaknya manusia. Karakteristik AI adalah mempunyai kemampuan merealisasikan tindakan untuk mencapai suatu tujuan.

AI bekerja dengan cara memproses data kemudian menganalisis dan menemukan pola serta korelasinya. Melalui pola ini mesin akan membuat suatu prediksi keadaan pada masa depan. Penerapan AI telah banyak digunakan pada bidang industri, kesehatan dan lainnya.

Tidak hanya digunakan pada sektor-sektor penting saja, ternyata terdapat beberapa fakta menarik mengenai kecerdasan buatan atau sering disebut AI.

Captcha

Fakta pertama dari Artificial Intelligence atau AI adalah Captcha. Captcha merupakan sebuah skema kecerdasan buatan yang banyak dijumpai pada saat mengunjungi atau mengakses sebuah website. Pengujian ini merupakan suatu tindakan keamanan untuk melindungi website dari robot.

Captcha sendiri merupakan kependekan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computer and Human Apart. Kecerdasan buatan ini sengaja dipasang pada website untuk memastikan bahwa pengunjung website adalah manusia bukan robot.

Kesepakatan Para Ahli

Kesepakatan para ahli juga menjadi fakta menarik berikutnya dari Artificial Intelligence atau AI. Bagaimana tidak, kecerdasan buatan bila tidak difungsikan dengan baik maka akan menjadi boomerang bagi umat manusia. Kesepakatan ini ditandatangani pada tahun 2015.

Dalam kesepakatan ini terdapat larangan untuk tidak membuat benda kecerdasan buatan yang tidak dapat dikontrol oleh manusia. Selain itu dalam kesepakatan ahli ini juga disebutkan untuk tidak membuat benda kecerdasan buatan yang tidak bisa dihancurkan atau dilenyapkan.

Game Puzzle 2048

Game Puzzle 2048 merupakan salah satu game pengasah otak yang dapat dimainkan dengan menambahkan angka yang berkelipatan dua. Aturan dari game tersebut adalah siapa yang mencapai skor 2048 dengan cepat akan dinobatkan sebagai juara pada game tersebut.

Namun dalam game ini terdapat suatu sistem kecerdasan buatan yang bisa memenangkan game dengan cepat. Bahkan faktanya poin yang didapatkan bisa melebih 2048. Terdapat satu data yang menyebutkan bahwa AI dapat mencapai skor 839.732 dan mustahil dilakukan oleh manusia dengan cepat.

Massive

Fakta berikutnya dari Artificial Intelligence atau AI berasal dari film Lord of The Rings. Film satu ini banyak menyajikan adegan laga, dimana pertarungan yang ditampilkan pada film tersebut membuat penonton terpana dengan adegan yang ditayangkan.

Adegan yang ditayangkan sangatlah kreatif, namun faktanya adegan pertarungan pada film tersebut dibuat dengan menggunakan kecerdasan buatan melalui Massive. Massive sendiri merupakan sebuah perangkat lunak AI yang dapat menciptakan adegan-adegan pertarungan menawan tersebut.

Monopoli

Fakta terakhir dari kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence adalah Monopoli. Game Monopoli merupakan salah satu game yang sangat populer dimainkan di dunia salah satunya di Indonesia.

Tahun 1983 sekelompok orang membuat game Monopoli versi komputer yang membuat pemainnya akan bermain melawan komputer. Karena menggunakan AI pemain akan sangat susah untuk mengalahkan komputer.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai Artificial Intelligence dan beberapa fakta menarik dari AI. Kehadiran AI dapat berdampak baik dan juga berdampak buruk bila disalahgunakan. Oleh sebab itu kesepakatan para ahli dinilai cocok untuk membatasi AI agar tidak berdampak buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar