Sabtu, 29 April 2023

Daftar Alat Ukur Listrik Yang Banyak Digunakan Beserta Manfaatnya

Alat ukur listrik adalah suatu peralatan listrik yang digunakan untuk bisa mengukur berbagai besaran listrik. Peralatan ini sangat diperlukan dalam dunia kelistrikan, bagaimana tidak alat ini sangat membantu bila ingin mengetahui satuan satuan listrik tertentu.

picture by pixabay

Daftar Alat Ukur Listrik Yang Banyak Digunakan

Simak penjelasan berikut ini mengenai beberapa peralatan listrik yang banyak digunakan dalam dunia kelistrikan serta manfaat dari alat ukur tersebut.

1. Multimeter

Multimeter adalah alat ukur pertama dalam kategori alat listrik yang banyak digunakan. Alat ini berfungsi sebagai alat yang akan mengukur tegangan listrik dalam satuan voltage, arus listrik dalam satuan ampere dan hambatan listrik dalam satuan ohm.

Alat ini merupakan alat ukur yang sangat kompleks dan praktis dimana bisa menggabungkan beberapa pengukuran pada satu alat saja. Bahkan diketahui multimeter juga sudah dilengkapi dengan pengukuran kapasitansi, frekuensi dan juga induksi.

2. Voltmeter

Voltmeter adalah alat ukur listrik selanjutnya, dimana alat ini berfungsi sebagai alat ukur yang bisa digunakan untuk mengukur besarnya tegangan listrik dalam satuan voltage pada suatu rangkaian listrik.

Umumnya alat ukur ini juga terpasang pada peralatan elektronik agar bisa memantau besarnya tegangan yang dihasilkan pada suatu peralatan tertentu tersebut.

3. Amperemeter

Amperemeter adalah peralatan ukur listrik berikutnya. Alat ukur satu ini merupakan alat ukur yang digunakan untuk bisa mengukur besaran arus listrik dalam satuan ampere. Arus listrik yang dapat diukur oleh amperemeter adalah arus listrik AC dan juga DC.

Pada peralatan elektronik amperemeter juga ada yang terpasang di radio, amplifier dan beberapa peralatan listrik lainnya.

4. Ohmmeter

Ohmmeter adalah peralatan ukur listrik berikutnya yang digunakan untuk bisa mengukur besaran resistansi atau hambatan dari resistor dalam satuan ohm. Alat ukur listrik ini menggunakan galvanometer agar bisa mengukur arus yang melewati suatu tahanan tertentu dan akan dikalibrasikan dalam satuan ohm.

5. Wattmeter

Wattmeter adalah peralatan ukur listrik selanjutnya, dimana alat ini bisa digunakan untuk mengukur besaran daya pada suatu rangkaian listrik dalam satuan Watt. Wattmeter digunakan pada alat elektronik atau alat listrik yang sedang bekerja.

Daya listrik yang bisa diukur oleh Wattmeter adalah daya listrik searah atau DC dan juga daya listrik bolak-balik atau AC.

6. Tespen

Tespen juga merupakan alat ukur listrik yang masuk dalam daftar ini. Bagaimana tidak tespen berperan sebagai peralatan ukur untuk mengecek atau mengetahui apakah suatu penghantar memiliki aliran listrik atau tidak.

Alat ukur satu ini banyak digunakan untuk mengecek apakah ada atau tidaknya aliran listrik yang mengalir pada kawat atau stop kontak. Alat ini sangat mudah digunakan dimana alat akan di tempelkan ke kawat penghantar listrik.

Bila lampu pada tespen hidup maka dipastikan bahwa alat kawat penghantar memiliki arus listrik dan apabila lampu pada tespen tidak menyala maka dipastikan tidak ada arus listrik yang mengalir pada kawat penghantar tersebut.

7. KWH Meter

KWH meter adalah peralatan listrik yang digunakan untuk mengukur suatu besaran listrik selanjutnya. Alat ini berperan untuk mengukur besarnya jumlah energi listrik yang dikonsumsi atau yang dipakai pada suatu instalasi listrik.

Alat ini akan bekerja mengukur besaran listrik dalam waktu satu jam. Umumnya KWH meter berperan menghitung pemakaian listrik di rumah, sekolah, kantor dan beberapa tempat lainnya.  

Itulah beberapa deretan alat ukur listrik yang banyak digunakan dalam dunia kelistrikan, mulai dari multimeter, voltmeter, amperemeter hingga tespen juga termasuk dalam daftar ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar